detikhealth

Ini Dia Penyebab Kram pada Ibu Hamil

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Senin, 29/04/2013 08:31 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kram. Kram sering sekali menyerang khususnya pada malam hari di kala ibu sedang beristirahat.

Ternyata kram yang dirasakan adalah salah satu gejala yang disebabkan oleh insufisiensi pembuluh darah vena. "Wanita hamil akan mengalami perubahan hormon. Selain itu kehamilan akan menyebabkan pembuluh darah, khususnya perut dan kaki tertekan oleh rahim," jelas dr R. Suhartono, MD.

Dokter yang juga ketua Perhimpunan Spesialis Bedah Vaskuler dan Endovaskuler Indonesia menyampaikannya dalam acara Talkshow: Waspada Gangguan Vena Penyebab Kram. Acara ini bertempat di The 3 House Kuningan Village Jakarta, seperti ditulis pada Senin (29/4/2013).

Tekanan ini diketahui dapat menghambat aliran darah menuju jantung dan menyebabkan varises. Jika dibiarkan pembuluh vena dapat pecah atau terjadi akumulasi dan menyebabkan pembekuan darah.

"Oleh sebab itu ibu hamil harus tetap beraktivitas untuk menjaga otot-otot kakinya bekerja sehingga dapat memompa darah dari kaki ke jantung dengan baik," katanya.

Ia juga menyarankan agar apabila ibu hamil mengalami kram malam hari sebaiknya ubah posisi tidur menghadap ke kiri. "Atau bisa juga kaki sedikit ditinggikan," terangnya.

Yang terpenting menurut dokter Suhartono adalah tetap menjaga rangsangan pada otot kaki sehingga otot tetap terkontraksi.


(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit