detikhealth

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan 8 Cara Alami Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 30/04/2013 08:33 WIB
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Kekebalan tubuh merupakan faktor penting untuk mencegah timbulnya penyakit, khususnya saat musim hujan seperti saat ini. Tidak perlu dengan menggunakan obat, berikut 8 cara alami meningkatkan kekebalan tubuh, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (30/04/2013):

1. Masukkan ikan dalam menu sehari-hari
Asam lemak esensial omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Jika Anda seorang vegetarian dan tidak tahan aroma ikan, menempel pada suplemen minyak ikan tersedia di atas meja.

2. Konsumsi buah-buahan dan makanan merah
Termasuk apel merah, anggur, dan bawang merah, semua ini termasuk dan dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

3. Stres yang diatasi dengan benar
Stres dan kekebalan berjalan beriringan. Stres yang ekstrim dapat mengurangi sel pembunuh alami dan membuat tingkat kekebalan meningkat. Pelajari beberapa kegiatan seperti olahraga untuk membantu menurunkan tingkat stres.

4. Perbanyak waktu istirahat
Kurang tidur meningkatkan kadar protein yang terkait dengan peradangan dan mengurangi kekebalan tubuh alami. Pastikan Anda tidur minimal 7 sampai 8 jam setiap malam. Ini tidak hanya untuk kecantikan, tetapi juga untuk kesehatan.

5. Berjalan-jalan atau beraktivitas ringan
Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kekebalan utuh. Hal ini telah dibuktikan, bahwa orang yang berolahraga selama 5 hari dalam seminggu lebih tahan terhadap pilek dan flu.

6. Konsumsi cukup vitamin C
Vitamin C membantu menghasilkan komponen yang lebih alami untuk membunuh kuman. 400 miligram vitamin C diperlukan per hari. Vitamin C alami bisa didapatkan dari paprika, jeruk, atau strawberry. Next

Halaman 1 2 3
(up/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit