detikhealth

Ada Apa dengan Asma?

Orang Tua dan Kakek Nenek Idap Asma, Anak Cucu Ikut Kena

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Rabu, 01/05/2013 09:33 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Penyakit asma merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penyempitan saluran pernapasan. Banyak pasien asma yang ternyata keluarganya juga mengidap penyakit yang sama sehingga asma dituduh terjadi karena keturunan, benarkah itu?

"Benar, tapi biasanya hanya 35 persen saja. Ini disebut atopi (riwayat keluarga atau riwayat alergi). Jadi mungkin dari orang tua, nenek, kakek, atau saudara ada yang memiliki asma, bersin-bersin, gatal atau bentol-bentol sensitif terhadap sesuatu, maka anak pasti akan terkena juga," terang prof dr Faisal Yunus, SpP(K), MD, PhD ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (1/5/2013).

Dr Faisal yang merupakan dokter spesialis paru RS MH Thamrin ini menjelaskan bahwa penyebab asma bisa bermacam-macam, tergantung pada individunya. Beberapa penderita ada yang mengalami asma karena dipicu alergi debu atau asap, namun ada juga yang dipicu oleh olahraga dan ada yang dipicu udara dingin.

Walau dipengaruhi oleh faktor keturunan, bukan berarti apabila orang tua memiliki asma lantas anaknya pasti akan mengalami asma juga. Hanya saja dapat dikatakan bahwa pasangan yang mengidap asma lebih berisiko memiliki anak yang mengidap asma.

Nyatanya ada juga pasangan yang tak mengidap asma memiliki anak dengan gangguan asma karena variasi genetik penyebab asma diturunkan dari kakek atau nenek. Para ahli hanya bisa memprediksi jika makin banyak anggota keluarga yang mengidap dan semakin dekat jarak kekerabatannya, maka risiko asma akan semakin besar.

Selain dipengaruhi keturunan, dr Faisal juga menjelaskan bahwa asma dapat dipengaruhi oleh kondisi yang dialami saat kehamilan. Penyebabnya diduga karena perubahan hormon, emosi, atau tekanan dari perut dan dada sehingga menimbulkan sesak napas.

"Tetapi biasanya jika dia sudah memiliki asma saat hamil, sepertiga ada yang membaik, ada yang memburuk dan ada yang menetap seperti itu saja keadaan asmanya, tidak membaik ataupun memburuk," pungkas dr Faisal.


(pah/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit