detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 11:10
Berita Pilihan 2014
Senin, 22/12/2014 09:52
Berita Pilihan 2014

Kebiasaan Ngupil di Mata Dokter

Awas, Hidung Bisa Jadi Pesek Kalau Terlalu Banyak Ngupil

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 03/05/2013 10:38 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Kebiasaan ngupil memang asyik, tetapi banyak yang menganggapnya jorok dan tak pantas dilakukan apalagi di tempat umum. Bagi dokter THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan), ngupil tidak hanya jijik tapi juga bisa bikin hidung jadi pesek.

Dr Agus Subagio, SpTHT, spesialis THT dari RS Puri Indah mengatakan, kebiasaan ngupil bisa mempengaruhi kondisi mukosa atau lapisan tipis di rongga hidung. Jari tangan yang masuk saat ngupil bisa melukai mukosa, sehingga ada potensi masuknya kuman penyebab infeksi.

"Kalau terjadi infeksi bisa berkembang jadi abses (infeksi), bengkak dan ada nanahnya. Kalau berlanjut lagi, tulang rawan bisa ikut kena. Akhirnya hidung bisa pesek, bisa turun," terang Dr Agus soal risiko ngupil, saat dihubungi detikHealth, Jumat (3/5/2013).

Ditambahkan oleh Dr Agus, risiko infeksi saat ngupil juga meningkat jika dibarengi dengan kebiasaan buruk mencabuti bulu (rambut) hidung. Baik ngupil maupun mencabuti bulu hidung sama-sama bisa memicu luka, sehingga kuman bisa lebih mudah masuk ke dalam peredaran darah.

Selain berisiko memicu luka dan membuka pintu masih bagi infeksi kuman, jari yang masuk ke rongga hidung juga bisa menjadi pembawa kuman itu sendiri. Oleh karenanya, kebiasaan ngupil menjadi semakin berbahaya jika tidak memperhatikan kebersihan.

Ngupil memang tidak dianjurkan, tapi kalau sangat terpaksa maka sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.

Punya pengalaman buruk saat ngupil? Bagikan pengalaman Anda, kirim ke redaksi@detikhealth.com


(up/up)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit