detikhealth

Sering Nyeri Dada Kiri Disertai Susah Napas, Apa Sebabnya?

Suherni - detikHealth
Jumat, 03/05/2013 11:49 WIB
Sering Nyeri Dada Kiri Disertai Susah Napas, Apa Sebabnya?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, kenapa saya sering mengalami nyeri di dada kiri disertai susah napas? Kalau mau napas, itu harus saya pegang dulu dada saya. Mohon dijawab ya dok. Terimakasih

Nita (wanita lajang, 21 tahun)
frenitaXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 151 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Dear Ibu Nita,

Sebelumnya, Ibu Nita sudah cek ke dokter? Dokter mengatakan apa ya?

Mengenai nyeri dada, ada berbagai macam penyebab nyeri dada, yakni: nyeri dada yang berasal dari jantung, paru-paru, dan perut (gangguan pencernaan, maag, asam lambung meningkat)

Gejala yang anda alami mirip dengan gejala penyakit jantung. Gejala penyakit jantung yakni: disertai dengan sesak napas, sesak dada dan jantung berdebar-debar. Gejala ini berlangsung lebih dari 5 menit. Pasien akan merasakan pusing, tidak bisa tidur dengan nyenyak, mual, muntah, dan mudah kelelahan.

Untuk itu, saya sarankan anda cek ke dokter spesialis jantung, dan lakukan pemeriksaan yang lengkap seperti: tes EKG, USG jantung, dan rontgen dada. Dengan melakukan pemeriksaan yang lengkap dan terperinci, maka dapat mendiagnosis penyakit Anda.

Jika Anda sudah melakukan general check up dan pemeriksaan jantung, maka Anda boleh datang dan berkonsultasi langsung dengan saya gratis tidak dipungut bayaran sepeser pun, dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.

Demikianlah saya sampaikan, atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(hrn/up)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit