detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Rabu, 17/12/2014 18:37
Berita Pilihan 2014

Maksud Hati Ingin Cantik Pakai Lipstik, Malah Kena Risiko Kanker

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 03/05/2013 19:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kosmetik merupakan senjata utama bagi wanita untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Tapi bagaimana jika salah satu kosmetik andalan Anda yaitu lipstik atau lip gloss justru dikatakan dapat menyebabkan kanker karena kandungannya yang berbahaya?

Sekelompok peneliti dari AS menemukan beberapa merek lipstik populer yang dijual di berbagai apotek dan department strore di Amerika terbukti mengandung logam beracun yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan bagi orang yang memakainya.

Awalnya tim peneliti dari Berkeley's School of Public Health, University of California meminta 12 gadis berusia 14-19 tahun yang tergabung dalam kelompok pemuda Asia dan tinggal di wilayah dengan penduduk berpendapatan rendah di Oakland, California untuk mencatat merek dan nama produk dari semua jenis lip gloss yang sering mereka pakai di rumah.

Kemudian peneliti membawa daftar ini ke toko dan membeli produk-produk tersebut dengan jumlah 32 buah (8 lipstik dan 24 lip gloss). Setelah dilakukan tes spektrometri, peneliti menemukan kandungan logam timah, kadmium, kromium, aluminium dan lima logam lainnya dengan kadar yang dapat terdeteksi dalam produk-produk tersebut, artinya kadar kandungan logam-logam tersebut cukup signifikan.

Seperti dilansir cbsnews, Jumat (3/5/2013), timah ditemukan pada 24 produk atau 75 persen dari keseluruhan produk yang diuji dan kesemua produk tersebut terbukti mengandung ketiga jenis logam yaitu mangan, titanium dan aluminium.

Separuh produk mengandung timah dengan konsentrasi di atas 0,1 parts per million (ppm) atau konsentrasi logam yang ada pada kemasan penutup permen yang seringkali dikonsumsi anak-anak di Amerika dan disetujui FDA.

Namun konsentrasi logam antara satu produk dengan produk lain bervariasi. Misalnya, peneliti menemukan sebuah produk yang memiliki konsentrasi kromium yang tertinggi (9,72 ppm) dan konsentrasi kadmium, mangan dan timah tertinggi kedua (masing-masing 2,16 ppm; 35,3 ppm dan 1,25 ppm).Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit