detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi, Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine and Arthroscopy.

Nutrisi Tepat untuk Pemulihan Pasca Patah Tulang

Suherni - detikHealth
Selasa, 07/05/2013 12:40 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Siang dokter saya mau tanya, suami saya baru saja selesai dioperasi tulang di bagian tangan kanan, di mana tangan kanannya mengalami patah tulang dan bongkok tangan kanannya hancur, saat ini sedang masa penyembuhan. Yang ingin saya tanyakan untuk makanan yang tepat (makanan yang mengandung kalsium tinggi) buat suami saya dalam masa penyembuhan untuk tulang bagian tangan kanannya apa ya Dok? Dan apakah merokok dapat menyebabkan perlambatan tulang dalam masa penyembuhan ini? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Eva (Perempuan menikah, 29 tahun)
maymay_XXXX@yahoo.com
Tinggi badan 159 cm, berat badan 58 kg

Jawaban

Ibu Eva,

Selain diet (gizi) dan gaya hidup, waktu penyembuhan dan pemulihan dari patah tulang tergantung dari beberapa hal, yaitu: jenis patah tulang (terbuka/tertututup), tipe fraktur (sederhana/kompleks), lokasi fraktur (intra-artikuler/ekstra-artikuler), derajat kerusakan jaringan sekitar, lama kejadian dengan penanganan patah tulang, jenis stabilisasi yang digunakan.

Hal-hal ini akan menjadi pertimbangan bagi dokter Spesialis Orthopaedi untuk melakukan tindakan terhadap pasien patah tulang, non—operatif atau operatif.

Program Rehabilitasi juga sangat diperlukan agar pasien dapat segera mengembalikan fungsi anggota gerak yang patah dan terhindar dari komplikasi jangka panjang, misalnya: kaku sendi (kontraktur). Program Rehabilitasi sudah bisa dilakukan sesaat setelah selesai operasi.Next

Halaman 1 2
(hrn/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit