detikhealth
Konsultasi Genetika
dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD, Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

Bisakah Menentukan Jenis Kelamin Bayi Lewat Tanggal Lahir Orang Tua?

Selasa, 07/05/2013 13:16 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Dok, apakah jenis kelamin bayi dalam kandungan bisa ditentukan dengan perhitungan tanggal lahir suami dan istri? Kalau bisa, bagaimana caranya? Terimakasih.

Mr. X (Pria lajang, 21 tahun)
sq_XXXX@yahoo.com
Tinggi badan 167 cm, berat badan 56 kg

Jawaban

Saat ini belum ada teknologi yang dapat menentukan jenis kelamin bayi dalam kandungan, tidak juga dengan tanggal lahir suami dan istri. Namun, jika maksud pertanyaan ini adalah cara untuk mengetahui jenis kelamin bayi sebelum dilahirkan, terdapat sejumlah pemeriksaan medis yang dapat dilakukan seperti USG dan pemeriksaan kromosom.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

(hrn/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit