detikhealth

Perawatan Bayi Baru Lahir

Hai Bunda, Perhatikan Ini Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 08/05/2013 09:26 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Biasanya ibu-ibu muda takut memandikan bayinya karena khawatir akan menangis saat dimandikan. Padahal wajar jika bayi menangis saat dimandikan. Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi baru lahir.

"Jika ingin memandikan bayi, gunakan air hangat. Jangan gunakan air dingin sebab kulit bayi masih sangat tipis sehingga lebih cepat merasa kedinginan. Selain itu, gunakan waslap yang lembut agar kulit bayi tidak iritasi," terang dr Aditya Suryansyah, SpA(K) kepada detikHealth seperti ditulis pada Rabu (8/5/2013).

Dr Aditya yang merupakan dokter spesialis anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA Buah Hati Ciputat ini menyarankan jika menggunakan perlengkapan mandi seperti sabun dan shampo, haruslah menggunakan sabun dan shampo khusus bayi. Sabun dan shampo khusus bayi memiliki formula yang lebih lembut dibandingkan sabun dan shampo untuk dewasa.

Setelah bayi mandi, sebaiknya ibu jangan menggunakan minyak telon sebab akan membuat bayi merasa panas. Dr Aditya menyarankan untuk cukup memberikan pakaian yang tertutup, maka bayi akan beradaptasi dengan suhu ruangan. Tapi sampai kapankah bayi harus dimandikan dengan air hangat?

"Untuk mandi, sebaiknya gunakan air hangat terlebih dahulu agar kulit bayi terbiasa. Jika sudah berusia 36 minggu keatas, bisa mulai menggunakan air dengan suhu normal (tidak hangat, namun juga tidak dingin) pada air mandi bayi," terang dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K).

Lebih lanjut lagi, dr Piprim yang merupakan dokter anak di RSCM dan RS Hermina, Bekasi ini menerangkan bahwa bayi dengan berat badan di bawah 2,5 kg biasanya lebih rentan terhadap cuaca dingin sehingga harus selalu menggunakan air hangat saat dimandikan.

"Ini karena tubuhnya belum bisa menyesuaikan suhu di sekitarnya dengan cukup baik," imbuhnya. Next

Halaman 1 2 3
(pah/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit