detikhealth

Translokasi IUD

Kontrasepsi Spiral Geser Gara-gara Pijat? Dokter: Itu Mitos

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 10/05/2013 14:05 WIB
Ilustrasi IUD (dok: Getty Images)
Jakarta, Kontrasepsi spiral atau IUD (Intra Uterine Device) bisa meleset meski dikatakan sangat langka, hanya sekitar 2 kasus di antara 1.000 pengguna. Benarkah pijatan di sekitar perut bisa bikin alat kontrasepsi ini meleset dari posisinya?

"Mitos tentang pijat di perut dapat menyebabkan translokasi IUD itu tidak benar. Bila posisi IUD benar, tidak akan menyebabkan pindahnya IUD hanya karena pijat," jelas dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RS Dr Sardjito Yogyakarta saat dihubungi detikHealth, Jumat (10/5/2013).

Meski demikian, dr Nurhadi menambahkan bila sudah terjadi translokasi atau berpindahnya IUD dari rahim maka memang sebaiknya perut tidak dipijat. Memijat perut saat mengalami gejala tidak mengenakkan dikhawatirkan malah bisa memperparah translokasi IUD yang sudah terjadi.

Menurut dr Nurhadi, sedikitnya ada 2 hal yang terbukti bisa menjadi penyebab translokasi atau melesetnya IUD dari posisinya di rahim. Pertama, translokasi IUD yang terjadi saat pemasangan bisa disebabkan oleh posisi rahim yang terlalu menekuk ke depan (hiperantefleksi), ataupun ke belakang (hiperretrofleksi).

Kedua, translokasi yang terjadi di kemudian hari bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan. Contohnya adalah olahraga atau aktivitas tertentu yang gerakannya sering membuat guncangan di sekitar panggul.

"Selebihnya penyebab tidak diketahui," tambah dr Nurhadi yang memang menekuni bidang laparoskopi ginekologi, dan telah menganani sedikitnya 15 kasus translokasi IUD dalam 2 tahun terakhir.

Untuk mencegah terjadinya translokasi IUD, dr Nurhadi menekankan bahwa kehati-hatian dalam pemasangan alat kontrasepsi ini menjadi sangat penting. Bila memungkinkan, ia menyarankan untuk melakukan pemeriksaan USG (Ultrasonografi) setelah pemasangan IUD sehingga bisa dipastikan posisinya sudah benar.


(up/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit