detikhealth

Translokasi IUD

Ini Tanda-tanda Kontrasepsi Spiral Meleset dari Posisinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 10/05/2013 15:30 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi IUD (dok: Getty Images)
Jakarta, Meski jarang, translokasi IUD (Intra Uterine Device) atau melesetnya alat kontrasepsi spiral bisa terjadi pada siapa saja. Ada baiknya mengetahui tanda-tanda atau gejalanya, serta jenis pemeriksaan saat alat kontrasepsi ini meleset.

"(Gejalanya) Bervariasi. Translokasi bisa tidak bergejala sama sekali," kata dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RS Dr Sardjito Yogyakarta saat dihubungi detikHealth, Jumat (10/5/2013).

Meski bisa terjadi tanpa gejala, pada beberapa orang translokasi IUD bisa memicu nyeri perut yang hilang timbul dan menjalar hingga ke pinggang. Terkadang nyeri yang dirasakan juga semakin berat pada posisi tertentu.

Bila spiral atau IUD meleset ke saluran cerna, gejalanya bisa berupa BAB (Buang Air Besar) yang disertai bercak darah. Atau bia meleset ke saluran kencing, gejalanya bisa berupa nyeri saat buang air kecil dan ditemukannya radang saluran kencing yang tidak kunjung sembuh.

Bagi yang tidak bergejala, maka pemeriksaan rutin setelah pemakaian menjadi sangat penting. Sedangkan jika sudah mengalami gejala seperti disampaikan dr Nurhadi, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan-pemeriksaan untuk mendeteksi posisi IUD yang kemungkinan telah bergeser.

Beberapa jenis pemeriksaan untuk menentukan posisi IUD seperti disampaikan dokter kandungan yang mendalami laparoskopi ginekologi dan sudah menangani sedikitnya 15 kasus translokasi IUD dalam 2 tahun terakhir ini, adalah sebagai berikut.

1. Foto rontgen abdomen (perut) dengan penanda di dalam rahim
Tujuannya untuk mengukur berapa jauh posisi IUD berpindah dari posisi normal secara 3 dimensi. Kadang diperlukan CT-Scan atau MRI.Next

Halaman 1 2
(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit