detikhealth

Translokasi IUD

Terbanyak Spiral Meleset di Belakang Rahim, Tersulit Jika Nempel di Usus

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 10/05/2013 16:31 WIB
Ilustrasi IUD (dok: Getty Images)
Jakarta, IUD (Intra Uterine Device) atau kontrasepsi spiral bisa meleset atau bergeser dari posisinya di rahim. Pergeseran itu bisa membuat IUD berpindah tempat, mulai dari sekitar rahim hingga 'jalan-jalan' ke organ lain termasuk usus.

Dijelaskan oleh dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RS Dr Sardjito Yogyakarta, translokasi atau perpindahan IUD ke posisi yang tidak normal bisa terjadi secara langsung maupun jangka panjang. Translokasi langsung bisa membuat IUD tembus ke dalam perut.

"Paling banyak IUD bisa ditemukan di belakang rahim, di daerah cavum douglas. Sisanya sebagian kecil yang paling sulit, si IUD ini bisa jalan-jalan, bisa menempel di usus," kata dr Nurhadi yang mendalami laparoskopi ginekologi, saat dihubungi detikHealth, Jumat (10/5/2013).

Menurut dr nurhadi, IUD yang bergeser menembus perut lalu menempel di usus bisa tertutup lemak sehingga dikatakan paling sulit untuk ditangani. Tanpa peralatan yang memadahi seperti Rontgen Portable atau C-Arm, posisi IUD yang tertimbun lemak di usus akan sulit ditemukan.

Selain itu, pergeseran IUD bisa juga terjadi dalam jangka panjang. Pada kondisi ini, IUD bisa menembus sebagian dinding depan, belakang, atau samping rahim. Dampaknya bisa juga masuk ke rongga perut, atau pada kondisi yang sangat jarang sekali bisa menembus ke usus bagian bawah alias rektum.

"Atau IUD bisa juga menembus kandung kemih sehingga IUD keseluruhan berada di dalam kandung kemih," tambah dr Nurhadi yang dalam 2 tahun terakhir pernah menangani sedikitnya 15 kasus translokasi IUD.

Terakhir, translokasi IUD juga bisa terjadi dalam bentuk patahan-patahan yang berpindah seperti yang dialami Krisnamurti dalam artikel sebelumnya. Angka kejadiannya sangat kecil, tetapi jika terjadi di rongga perut patahan tersebut bisa berpindah ke organ apa saja termasuk ginjal, karena pergerakan usus bisa memindahkan serpihan IUD.


(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar

Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit