detikhealth

Translokasi IUD

Patuhi Saran Ini Agar Kontrasepsi Spiral Tidak Geser dari Tempatnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 10/05/2013 17:37 WIB
Ilustrasi IUD (dok: Getty Images)
Jakarta, Membayangkan spiral atau IUD (Intra Uterine Device) bergeser dari posisinya di rahim memang menyeramkan. Namun jangan khawatir, kejadian seperti ini sangat jarang terjadi dan bisa dicegah dengan mematuhi saran-saran berikut ini.

Saran yang pertama, sebelum pemasangan harus dipastikan bahwa syarat-syarat pemasangan alat kontrasepsi IUD sudah terpenuhi. Misalnya tidak ada infeksi atau keputihan yang terus menerus, tidak ada perdarahan dan pemeriksaan fisik semuanya baik.

"Pemeriksaan fisik sebelumnya menunjukkan sehat dan kandungan dalam kondisi normal," kata dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RS Dr Sardjito Yogyakarta saat dihubungi detikHealth, Jumat (10/5/2013).

Setelah persyaratan untuk pemasangan IUD terpenuhi, maka saran dr Nurhadi berikutnya ditujukan untuk pemeriksaan setelah pemasangan. Menurut dokter yang dalam 2 tahun terakhir telah menangani sedikitnya 15 kasus translokasi IUD atau spiral meleset ini, kontrol harus dilakukan minimal 6 bulan sekali.

Saran untuk kontrol secara berkala tetap berlaku sekalipun masa pakai IUD relatif lama, bahkan ada yang lebih dari 5 tahun. Saat kontrol, disarankan untuk segera menyampaikan ke dokter kandungan apabila mengalami gejala yang tidak mengenakkan.

Terakhir, dr Nurhadi juga berpesan agar masa penggunaan IUD benar-benar dipatuhi. Sebagai contoh bila masa pakai IUD yang digunakan adalah 5 tahun, maka tidak dianjurkan untuk melanjutkan pemakaiannya hingga lebih lama dari masa yang ditentukan.

Translokasi atau perpindahan IUD dari posisi normalnya di dalam rahim umumnya jarang terjadi, hanya sekitar 2 kasus di antara 1.000 pengguna alat kontrasepsi tersebut. Meski demikian, kemungkinan bergeser perlu diwaspadai karena bisa memicu gangguan termasuk nyeri dan perdarahan.


(up/vta)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit