detikhealth

Redakan Nyeri Gigi Hingga Nyeri Sendi dengan Isi Lemari Dapur Ini

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Sabtu, 11/05/2013 11:01 WIB
Redakan Nyeri Gigi Hingga Nyeri Sendi dengan Isi Lemari Dapur IniFoto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Ketika mengalami sakit gigi apakah yang Anda cari? Sudah pasti obat pereda rasa sakit dengan berbagai merk. Jika tidak ada obat-obatan di rumah, Anda tidak perlu panik. Sebab obat tradisional ada di dalam lemari dapur Anda.

Seperti dikutip dari Boldsky, Sabtu (11/5/2013) ini dia obat-obatan alami yang dapat Anda temukan di dapur:

1. Cengkeh, Obat Sakit Gigi

Cengkeh adalah obat yang tepat untuk menangani sakit gigi dan juga radang gusi. Efek penghilang rasa sakit pada cengkeh dihasilkan oleh senyawa alami di dalamnya yang disebut eugenol dan ini adalah anestesi alami yang kuat.

2. Jahe, Pereda Nyeri Otot

Jahe dapat meringankan kekakuan otot dan mengurangi pembengkakan pada sendi. Ini karena terdapat kandungan aktif dalam jahe mentah yang disebut gingerol. Dalam jumlah yang disarankan, jahe juga dapat dimasukkan dalam daftar diet Anda. Caranya dengan menambahkan 1 sendok teh jahe kering atau 2 sendok teh jahe cincang.

3. Bawang Putih untuk Sakit Telinga

Jika telinga Anda sakit, cobalah tambahkan dua tetes minyak bawang putih hangat ke dalam telinga dua kali sehari selama lima hari. Bahan aktif dalam bawang putih seperti germanium, selenium dan senyawa sulfur dapat memberikan tindakan pada bakteri untuk mengurangi peradangan.

4. Garam, Mengurangi Sakit Tenggorokan

Berkumur dengan air garam hangat sangat efektif untuk melegakan dari rasa sakit tenggorokan. Garam akan membantu mengurangi pembengkakan apapun karena infeksi. Lakukan hal ini beberapa kali sehari, Anda juga dapat menambahkan bawang putih ke dalamnya.

5. Oatmeal, Meredakan Kram Saat Menstruasi

Oatmeal merupakan sumber yang kaya magnesium dan sangat penting dalam menghilangkan rasa sakit akibat kram saat menstruasi. Oatmeal juga merupakan salah satu sumber zat besi terbaik pada makanan yang dapat membantu Anda untuk menyingkirkan rasa sakit selama Anda mengalami menstruasi.

6. Blueberri untuk Infeksi Kandung Kemih

Buah yang identik dengan warna biru keunguan ini efektif dalam mengurangi rasa sakit akibat infeksi saluran kemih. Antioksidan yang terdapat dalam blueberri cukup kuat untuk mengobati infeksi kandung kemih.

7. Nanas untuk Gangguan Pencernaan

Nyeri perut akibat gangguan pencernaan seperti masalah keasaman adalah masalah umum. Nanas akan menjadi obat yang baik untuk gangguan pencernaan ini. Enzim proteolitik pada nanas dapat membantu untuk pencernaan yang baik.

8. Kunyit, Pereda Nyeri Sendi Akibat Arthritis

Kunyit dapat menjadi pereda utama bagi nyeri sendi akibat arthritis. Tambahkan kunyit pada makanan Anda dalam batas tertentu. Bahan aktif pada kunyit yang disebut curcumin, secara alami menutup siklooksigenase 2 dan juga enzim yang dapat meningkatkan hormon yang menimbulkan nyeri.


(vit/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit