detikhealth

Remaja Paling Rentan Jadi Korban Penyalahgunaan NAPZA

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Minggu, 12/05/2013 10:05 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Kondisi psikologis remaja yang masih rentan seringkali berujung pada masalah penyalahgunaan NAPZA, khususnya pada remaja yang memiliki banyak masalah tanpa dukungan dari sekitar. Keluarga dan lingkungan menjadi faktor utama dalam usaha pencegahannya.

Meskipun diakui bahwa keluarga merupakan orang terdekat yang membawa pengaruh bagi keluarga, namun pengaruh teman dan lingkungan sosial remaja juga harus dikaji kembali.

"Dari remaja yang menyalahgunakan zat adiktif, sekitar 54 persen mengakui awalnya mendapat tawaran dan memperoleh zat tersebut dari teman," ujar dr Adhi Wibowo Nurhidayat, SpKJ, spesialis kesehatan jiwa dari RSKO, Jakarta.

Hal itu disampaikan dia dalam acara Simposium New & Emerging: Psychoactive Substances, di Merchantile Athletic Club, World Trade Center Building, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, dan ditulis pada Minggu (12/5/2013).

Setelah mendapatkan pengaruh dari teman, seorang pengguna yang sudah mendapatkan efek adiktif, biasanya akan bisa mencari 'jalan' sendiri untuk mendapatkan zat tersebut.

"Saat ini bahkan remaja pengguna di negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jerman, dan Selandia Baru bisa mendapatkan zat ini dari internet," lanjut dr Adhi.

Tidak menutup kemungkinan cara-cara seperti ini nantinya bisa berkembang di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan berbagai usaha tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari lingkungan remaja, seperti keluarga dan teman.

"Keluarga harus bisa mencari tahu siapa saja teman anaknya, seperti apa lingkungan sosialnya, untuk bisa mencegah timbulnya kemungkinan anak terjerumus dalam penyalahgunaan NAPZA," tutur dr Adhi.

(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit