detikhealth

Ini Dia Nutrisi Penting untuk Pria Agar Tetap Fit Seharian

Nurvita Indarini - detikHealth
Senin, 13/05/2013 09:29 WIB
Ini Dia Nutrisi Penting untuk Pria Agar Tetap Fit SeharianFoto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Saat sarapan pagi atau makan malam bersama keluarga di rumah, menu makanan untuk laki-laki dan perempuan sama saja. Namun sebenarnya bukan berarti nutrisi yang diasup laki-laki sama dengan perempuan. Ada nutrisi tertentu yang wajib dikonsumsi pria agar tetap berenergi sepanjang hari.

Makanan yang hendaknya dikonsumsi para pria adalah yang kaya akan protein. Sedangkan untuk perempuan, sebaiknya yang kaya akan zat besi dan kalsium. Sehingga pada dasarnya makanan kaya energi lebih banyak dibutuhkan para pria.

Umumnya laki-laki membutuhkan lebih banyak energi ketimbang perempuan. Sebab mereka melakukan lebih banyak kegiatan fisik, meskipun kenyataannya sekarang ini banyak perempuan juga yang melakukan pekerjaan fisik. Akan tetapi komposisi tubuh pria mensyaratkan mereka makan makanan yang kaya akan energi.

Makanan yang kaya energi bukan hanya karbohidrat dan lemak. Kaum pria membutuhkan protein untuk memperbaiki dan menguatkan otot. Mereka juga butuh mineral seperti zinc untuk menjaga hormon sekresinya. Nah makanan seperti apa yang dibutuhkan pria agar tetap fit dan berenergi, berikut ini daftarnya seperti dikutip dari Boldsky, Senin (13/5/2013):

1. Telur

Telur telah lama dikenal sebagai makanan dengan kolesterol tinggi. Namun dalam kenyataannya, makanan yang mengandung kolesterol tidak benar-benar mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Jika ingin mengonsumsinya, konsumsilah dalam jumlah yang wajar. Apalagi telur kaya akan protein, zinc dan kolin.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang bisa memberi Anda energi. Sering sekali seseorang kekurangan energi lantaran tubuhnya menderita stres oksidatif. Nah, antioksidan dalam brokoli bisa menyembuhkan kerusakan oksidatif dalam tubuh.

3. Tiram

Tiram adalah makanan yang baik bagi laki-laki lantaran mengandung banyak zinc yang menjaga keseimbangan hormon. Agar nutrisinya tidak hancur, jangan masak tiram terlalu matang.

4. Almond

Almond mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat) yang bisa membantu memberikan energi. Selain itu juga mengandung magnesium yang membantu dalam proses asimilasi makanan dalam tubuh.

5. Bluberi

Kerap kali seseorang merasa kekurangan energi mental. Perasaan ini muncul lantaran tidak dapt berkonsentrasi. Untuk mengatasinya, makanlah bluberi. Sebab bluberi bisa memberikan damak khusus pada saraf sehingga Anda bisa kembali mendapatkan energi mental.

6. Daging Sapi

Daging sapi adalah salah satu sumber protein untuk memperbaiki otot. Namun ingat, jangan berlebihan mengonsumsi daging sapi untuk menghindari kolesterol.

7. Edamame

Edamame adalah jenis kacang-kacangan. Kacang yang satu ini kaya akan protein sehingga cocok untuk mereka yang vegetarian.

8. Ubi Jalar

Saat gula darah menurun, Anda bisa merasa lemas atau lelah. Untuk mengatasinya, konsumsilah karbohidrat kompleks seperti ubi jalar. Makanan yang satu ini juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

9. Salmon

Salmon adalah makanan laut yang penting bagi kaum pria. Sebab ikan yang satu ini kaya akan asam lemak omega-3. Jika Anda merasa lelah karena peradangan internal, kolesterol baik dalam salmon bisa menjadi antiperadangan.

10. Kopi

Kafein dalam jumlah besar memang tidak baik bagi kesehatan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas akan memberikan manfaat kesehatan. Sebab kandungan kafein dalam kopi akan membuat pikiran waspada dan meningkatkan energi tubuh.

11. Goji Berry

Salah ketakutan terbesar pria adalah jika tidak cukup energik di tempat tidur. Jangan khawatir, agar senantiasa greng, konsumsilah goji berry. Maklum, goji berry diangap sebagai Viagra alami dalam pengobatan China kuno.

(vit/up)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit