detikhealth

Katup Jantung Menyempit, Adakah Efek Samping Jika Minum Obat Jantung?

Suherni - detikHealth
Senin, 13/05/2013 11:45 WIB
Katup Jantung Menyempit, Adakah Efek Samping Jika Minum Obat Jantung?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, saya pernah didiagnosa kelainan jantung (klep sempit) waktu mau operasi pemasangan balon tapi masih ada pembekuan darah di otak. Saya mau tanya, ada efek ke anggota tubuh lain tidak minum obat jantung? Di atas perut saya sering keras, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas. Itu kenapa ya dok? Sebenarnya masih banyak keluhan yang lain Dok, contohnya sakit kepala yang sangat berat, terus ketika menelan minum seperti tidak pas masuknya.

Sukarmi (Wanita lajang, 44 tahun)
gmeraihXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 150 cm, berat badan 45 kg

Jawaban

Dear Ibu Sukarmi,

Selamat pagi Ibu Sukarmi, apa kabarnya? Sebelumnya, dokter setempat mendiagnosa penyakit kelainan katup jantung (penyempitan katup jantung). Saya ingin menanyakan lebih lanjut, dokter sebelumnya menjelaskan apa penyebab awal dari katup Anda mengalami penyempitan?

Penyakit katup jantung, ada berbagai macam penyebab katup jantung bermasalah, misalnya: penyakit jantung katup mitral, trikuspid, katup aorta dan katup paru akibat demam rematik, degenerasi mukoid, perubahan degeneratif, cacat bawaan, nekrosis iskemik, infeksi atau trauma, penyakit, yang mempengaruhi aliran darah gerakan, yang mengakibatkan disfungsi jantung, menyebabkan katup tunggal dari gagal jantung atau penyakit katup.

Lalu saya ingin bertanya lebih lanjut, katup jantung anda di bagian mana yang mengalami penyempitan? Pada umumnya katup jantung ada 4, yakni: katup mitral, trikuspid, aorta, dan pulmonal. Keempat katup berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Jika salah satu katup bermasalah, misalnya: regurgitasi katup mitral/kebocoran katup mitral (Mitral Valve Regurgitaion), Stenosis katup mitral (penyempitan katup mitral) maka harus dilihat diameter/ukuran kerusakan katup mitral.

Informasi yang ketiga yang saya ingin tanyakan berapa besar/ukuran diameter kerusakan katup Anda?

Mengenai teknik pengobatan dan perawatannya disesuaikan dengan penyebab katup jantung Anda dan ukuran diameter kerusakan katup Anda. Jika diameter kerusakan penyempitan katup Anda masih ringan, maka masih dapat dibantu dengan obat-obatan. Namun jika sudah dalam tahap berat, maka harus dioperasi. Mengenai teknik pengobatan ada berbagai macam, misalnya: operasi pergantian katup, operasi perbaikan katup, obat-obatan. Perlu diketahui, obat-obatan hanya untuk mencegah, tidak dapat mengobati katup jantung seutuhnya.

Dokter spelialis jantung Yodak Hospital juga memiliki pengobatan terbaru, modern dan canggih yakni: pengobatan minimal invasive 'bedah thorascoscopic'. Pengobatan ini hanya memotong 3 sayatan kecil yakni sebesar: 1,5-2 cm, tidak perlu membelah dada, ataupun memotong tulang rusuk dada, dapat mengobati segala jenis penyakit katup jantung. Untuk lebih jelasnya informasi mengenai 'bedah thorascoscopic', Anda dapat membuka situs ini http://www.yodak.co.id/news/138.html dan http://www.yodak.co.id/penyakit/2012/1031/13.html

Mengenai gejala, seperti: kepala pusing, nyeri dada yang sangat berat, sesak napas dan jantung berdebar-debar, maka harus dilakukan pemeriksaan jantung untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala yang Anda alami. Saya sarankan Anda untuk melakukan tes pemeriksaan jantung, seperti : tes ekokardiografi, treadmill test, rontgen dada dan CT scan jantung. Dengan melakukan pemeriksaan yang lengkap, maka Tim dokter Profesor dr. spesialis jantung Yodak Hospital dapat berunding, dan memutuskan pengobatan yang terbaik buat Anda.

Untuk lebih jelasnya informasi ini, Anda dapat menghubungi 021-99801823. Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan saya gratis tidak dipungut bayaran sepeser pun, dengan membawa hasil tes medical checkup dari dokter sebelumnya. Terimakasih

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(hrn/vit)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit