detikhealth

Katup Jantung Menyempit, Adakah Efek Samping Jika Minum Obat Jantung?

Suherni - detikHealth
Senin, 13/05/2013 11:45 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, saya pernah didiagnosa kelainan jantung (klep sempit) waktu mau operasi pemasangan balon tapi masih ada pembekuan darah di otak. Saya mau tanya, ada efek ke anggota tubuh lain tidak minum obat jantung? Di atas perut saya sering keras, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas. Itu kenapa ya dok? Sebenarnya masih banyak keluhan yang lain Dok, contohnya sakit kepala yang sangat berat, terus ketika menelan minum seperti tidak pas masuknya.

Sukarmi (Wanita lajang, 44 tahun)
gmeraihXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 150 cm, berat badan 45 kg

Jawaban

Dear Ibu Sukarmi,

Selamat pagi Ibu Sukarmi, apa kabarnya? Sebelumnya, dokter setempat mendiagnosa penyakit kelainan katup jantung (penyempitan katup jantung). Saya ingin menanyakan lebih lanjut, dokter sebelumnya menjelaskan apa penyebab awal dari katup Anda mengalami penyempitan?

Penyakit katup jantung, ada berbagai macam penyebab katup jantung bermasalah, misalnya: penyakit jantung katup mitral, trikuspid, katup aorta dan katup paru akibat demam rematik, degenerasi mukoid, perubahan degeneratif, cacat bawaan, nekrosis iskemik, infeksi atau trauma, penyakit, yang mempengaruhi aliran darah gerakan, yang mengakibatkan disfungsi jantung, menyebabkan katup tunggal dari gagal jantung atau penyakit katup.

Lalu saya ingin bertanya lebih lanjut, katup jantung anda di bagian mana yang mengalami penyempitan? Pada umumnya katup jantung ada 4, yakni: katup mitral, trikuspid, aorta, dan pulmonal. Keempat katup berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Jika salah satu katup bermasalah, misalnya: regurgitasi katup mitral/kebocoran katup mitral (Mitral Valve Regurgitaion), Stenosis katup mitral (penyempitan katup mitral) maka harus dilihat diameter/ukuran kerusakan katup mitral.Next

Halaman 1 2
(hrn/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit