detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Rabu, 17/12/2014 18:37
Berita Pilihan 2014

Ingin Terhindar dari Risiko Penyakit Jantung? Peliharalah Hewan

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Senin, 13/05/2013 16:23 WIB
ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta, Sebagai penyebab kematian nomor wahid dunia, penyakit jantung masih menjadi ancaman kesehatan yang ditakuti banyak orang. Selain genetik, faktor pola hidup ikut mempengaruhi risiko penyakit jantung. Percaya tak percaya, memelihara hewan dapat mengurangi risikonya secara signifikan.

Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Circulation baru-baru ini menemukan bahwa memelihara hewan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Diamini organisasi jantung di AS, American Heart Association, memelihara hewan ternyata berkaitan dengan penurunan berbagai faktor risiko penyakit jantung.

"Ada cukup banyak data dan alasan untuk menyatakan bahwa memiliki hewan peliharaan mungkin memiliki beberapa peran dalam menurunkan risiko kardiovaskular," kata Dr Glenn Levine, profesor di Baylor College of Medicine di Houston, Texas seperti dilansir Counsel and Heal, Senin (13/5/2013).

Levine menjelaskan, ada banyak penelitian selama beberapa puluh tahun terakhir yang menguatkan pernyataannya itu. Orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan lebih kecil kemungkinannya mengidap hipertensi dibandingkan dengan yang tak punya hewan peliharaan.

Kesimpulan tersebut diraih dari percobaan secara terkontrol dan acak dengan melibatkan 30 orang peserta. Hasilnya menegaskan bahwa ketika seseorang mengadopsi anjing, tekanan darahnya menurun. Bukti lain menunjukkan bahwa orang yang memelihara anjing lebih banyak melakukan aktivitas fisik ketimbang yang tidak memelihara.

Nampaknya hal itu disebabkan karena membawa anjing berjalan-jalan membuat tuannya ikut lebih aktif. Sebab pemilik anjing yang tidak membawa anjingnya berjalan-jalan nyatanya tidak menunjukkan adanya peningkatan aktivitas fisik. Kebiasaan ini ternyata berkaitan dengan rendahnya risiko obesitas dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Di antara orang-orang yang tidak mengidap penyakit jantung, penelitian menemukan bahwa memelihara hewan dapat memperpanjang umur. Sedangkan pada pengidap penyakit jantung, hasilnya bisa bervariasi. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa memelihara hewan berkaitan dengan penurunan kadar lemak dalam darah.

Walau demikian, temuan ini bukan lantas menyarankan bahwa mengadopsi hewan peliharaan dapat langsung meningkatkan kesehatan jantung. American Heart Association menyarankan, penyakit jantung dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol dan sodium, banyak olahraga, tidak merokok dan menjaga berat badan.

"Alasan utama mengadopsi, menyelamatkan atau membeli hewan peliharaan seharusnya adalah memberikan kasih sayang sepenuhnya dan menikmatinya. Jangan memelihara hewan tanpa menerapkan perubahan standar hidup untuk menurunkan risiko penyakit jantung," pungkas dr Levine.

(pah/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit