detikhealth

Jantung Membengkak, Apakah Harus Dikateter?

Suherni - detikHealth
Rabu, 15/05/2013 11:47 WIB
Jantung Membengkak, Apakah Harus Dikateter?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, saya mau tanya Dok. Usia mama saya 56 tahun. Minggu lalu mama baru saja operasi batu empedu, sebelum operasi dokter mengatakan jantung mama agak membesar, operasi tetap dilakukan. Selang 3 hari dokter mengatakan jantung mama harus dikateter.

Dok sebenarnya kondisi jantung yang seperti apakah kateter itu harus dilakukan? Karena kita melihat kondisi mama baik-baik saja. Apakah kondisi jantung yang agak membesar tindakan kateter itu mutlak dilakukan? Apakah tidak ada cara lain untuk mengobati pembengkakan jantung? Tolong masukannya ya dokter. Terimakasih

Tania (Perempuan menikah, 30 tahun)
tania_XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 52 kg

Jawaban

Dear Ibu Tania,

Sebelumnya, apakah ibunda Anda sudah melakukan pemeriksaan jantung Pemeriksaan apa saja yang telah ia lakukan? Jika belum, saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung seperti: Tes EKG, echokardiografi/USG jantung dan rontgen dada.

Mengenai pembengkakan jantung, saya ingin menanyakan kondisi ibunda Anda, Apakah ia mengalami keluhan seperti: nyeri dada, sesak dada, sesak napas dan jantung berdebar-debar?

Dari dokter sebelumnya mengatakan apa yang menjadi penyebab utama bahwa ibunda Anda terkena penyakit pembengkakan jantung? Ada 5 penyebab utama jantung bengkak, misalnya: jarang olahraga, kelainan jantung sejak lahir, penyakit katup jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), jantung koroner.

Mengenai pengobatan untuk pembengkakan jantung disesuaikan dengan faktor utama penyebab jantung bengkak, dan hasil pemeriksaan jantung yang dilakukan. Dengan melakukan pemeriksaan yang lengkap, seperti: CT scan jantung, echokardiografi, rotngen dada, maka dapat diketahui kondisi katup jantung dan kondisi pembuluh darah ibunda Anda. Mengenai apakah ibunda Anda harus melakukan kateter atau tidak, harus berdasarkan dengan kondisi ibunda Anda, pemeriksaan yang dilakukan dan faktor utama penyebab dari jantung bengkak.

Setelah melakukan pemeriksaan yang lengkap, Anda boleh datang dan berkonsultasi dengan saya, gratis tidak dipungut bayaran sepeser pun, dengan membawa hasil pemeriksaan/medical checkup gratis tidak dipungut bayaran sepeser pun.

Demikianlah saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(hrn/up)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit