detikhealth

Jantung Membengkak, Apakah Harus Dikateter?

Suherni - detikHealth
Rabu, 15/05/2013 11:47 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, saya mau tanya Dok. Usia mama saya 56 tahun. Minggu lalu mama baru saja operasi batu empedu, sebelum operasi dokter mengatakan jantung mama agak membesar, operasi tetap dilakukan. Selang 3 hari dokter mengatakan jantung mama harus dikateter.

Dok sebenarnya kondisi jantung yang seperti apakah kateter itu harus dilakukan? Karena kita melihat kondisi mama baik-baik saja. Apakah kondisi jantung yang agak membesar tindakan kateter itu mutlak dilakukan? Apakah tidak ada cara lain untuk mengobati pembengkakan jantung? Tolong masukannya ya dokter. Terimakasih

Tania (Perempuan menikah, 30 tahun)
tania_XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 52 kg

Jawaban

Dear Ibu Tania,

Sebelumnya, apakah ibunda Anda sudah melakukan pemeriksaan jantung Pemeriksaan apa saja yang telah ia lakukan? Jika belum, saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung seperti: Tes EKG, echokardiografi/USG jantung dan rontgen dada.

Mengenai pembengkakan jantung, saya ingin menanyakan kondisi ibunda Anda, Apakah ia mengalami keluhan seperti: nyeri dada, sesak dada, sesak napas dan jantung berdebar-debar?Next

Halaman 1 2
(hrn/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit