detikhealth

Ingin Gigi Putih? Cobalah 20 Cara Sederhana Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 15/05/2013 12:30 WIB
Ingin Gigi Putih? Cobalah 20 Cara Sederhana IniFoto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Gigi tidak hanya berfungsi untuk membantu berbicara dan mengunyah, tetapi juga berpengaruh terhadap daya tarik seseorang. Pasta gigi yang dijual saat kebanyakan memiliki kandungan kimia, padahal sebenarnya ada langkah alami untuk membantu agar gigi terlihat putih dan berkilau.

Mendapatkan gigi yang putih tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal. Berikut 20 langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kilau putih alami gigi Anda, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (15/5/2013):

1. Hindari kopi dan soda berlebihan
Kopi dan soda dapat menyebabkan noda kuning pada gigi. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi kopi dan soda secara berlebihan. Keduanya tidak hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga untuk kilau gigi Anda.

2. Sikat gigi minimal 2 kali sehari
Menyikat gigi sangat penting dan sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari. Menyikat gigi dapat menghilangkan plak dan bakteri yang menempel dan dapat menodai gigi Anda.

3. Makan buah-buahan
Buah-buahan berserat bertindak sebagai 'sikat gigi alami'. Jeruk merupakan penghilang noda alami karena membuat mulut untuk menghasilkan air liur lebih banyak. Air liur ini membantu membersihkan dan memutihkan gigi. Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti stroberi dan kiwi juga dapat memperkuat gusi. Selain itu, apel dan pir juga berguna karena memiliki kandungan air yang tinggi.

4. Flossing
Banyak orang yang khawatir terhadap flossing karena takut gusinya berdarah. Namun, jika dilakukan dengan hati-hati, flossing dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan menghindari munculnya noda pada gigi.

5. Konsumsi produk olahan susu, keju dan yoghurt
Produk olahan susu dapat menurunkan risiko penyakit gusi dan membantu mempertahankan lapisan email atau putih alami pada gigi. Selain itu, keju yang berstruktur keras seperti cheddar lebih efektif dalam membersihkan dan memutihkan gigi dibandingkan keju berstruktur lembut.

6. Makanlah biji wijen dan biji bunga matahari
Biji wijen dapat menghancurkan plak dan membantu menjaga lapisan email pada gigi. Biji wijen juga kaya akan kalsium, yang membantu melestarikan tulang di sekitar gigi dan gusi. Sedangkan biji bunga matahari dapat mencegah bau mulut.

7. Gunakan sedotan saat minum
Menggunakan sedotan dapat mencegah gigi menjadi bernoda. Hal ini karena dengan sedotan, minuman yang berwarna akan tertelan tanpa menyentuh bagian dalam gigi.

8. Tambahkan sayur-sayuran dalam menu
Sayuran yang kaya akan vitamin A seperti brokoli, wortel, dan labu membantu pembentukan lapisan email pada gigi.

9. Gunakan campuran lemon dan garam
Campuran lemon dan garam akan membuat gigi berkilau. Sebab, lemon mengandung asam sitrat dan menambahkan garam membuatnya bekerja lebih baik. Untuk mendapatkan gigi putih alami, sikat gigi secara teratur dengan campuran ini.

10. Ganti sikat gigi setiap 2 bulan
Kebiasaan ini sangat penting untuk menjaga kilau alami gigi. Setelah digunakan beberapa lama, bulu sikat gigi menjadi keras. Hal ini dapat merusak lapisan email gigi dan akhirnya menyebabkan gigi bernoda.

11. Jaga asupan kalsium Anda
Asupan kalsium yang cukup dapat membantu memperkuat dan menjaga tekstur gigi.

12. Beri jarak sikat gigi minimal 6 meter dari toilet
Meskipun terdengar aneh, hal ini sangat disarankan untuk menghindari partikel udara yang dihasilkan dari proses penyiraman atau flush. Melakukan ini dapat membantu menjaga kesehatan dan menghindari kerusakan pada gigi.

13. Kunjungi dokter gigi secara teratur
Wajib untuk mengunjungi dokter gigi jika ingin memiliki gigi yang sehat. Orang-orang yang tidak pernah kontrol ke dokter gigi memiliki kondisi gigi lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang kontrol secara teratur.

14. Melakukan perawatan pemutihan
Perawatan ini dilakukan oleh dokter gigi yang sudah ahli. Tindakan ini dapat dilakukan pada kasus noda pada gigi yang parah dan tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan rumah.

15. Gunakan pasta gigi mint
Pasta gigi dengan kandungan mint di dalamnya telah terbukti membantu pemutihan gigi. Walaupun tidak instan, namun telah menunjukkan hasil yang positif.

16. Cari riwayat noda gigi dalam keluarga
Banyak orang yang memiliki noda pada gigi beralasan bahwa hal tersebut didapat karena keturunan dalam keluarga. Oleh karena itu, penting untuk mengunjungi dokter gigi dan mencari apa penyebab noda dan pengobatan yang tepat untuk gigi Anda.

17. Hindari antibiotik dosis tinggi
Antibiotik dosis tinggi dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Jadi, perlu diketahui untuk menghindari asupan antibiotik jika memang tidak terlalu perlu.

18. Jika perlu, gunakan sikat gigi elektrik
Dengan sikat gigi manual, orang kadang-kadang menyikat terlalu keras. Ini dapat menyebabkan erosi pada gusi dan dapat meningkatkan keausan gigi. Menggunakan sikat gigi elektrik akan membantu Anda menghindari masalah ini dan terbukti bermanfaat dalam menjaga putihnya gigi.

19. Menggunakan perawatan pemutih gigi
Perawatan pemutih gigi terbukti membantu menjaga putihnya gigi. Konsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui merek yang paling aman dan tidak memiliki efek samping.

20. Perhatikan metabolisme Anda
Metabolisme yang tidak benar juga menyebabkan perubahan warna pada gigi. Perubahan ini dapat dilakukan dengan memperbaiki kebiasaan makan, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres yang ekstrem.

(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit