detikhealth

Masuk Daftar Kosmetika Berbahaya BPOM, Hayfa Sampaikan Klarifikasi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 15/05/2013 18:36 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi
Jakarta, Baru-baru ini, BPOM mengeluarkan public warning tentang 17 produk kosmetika berbahaya. Hayfa, salah satu merek kosmetika yang termasuk dalam daftar tersebut merasa dirugikan atas peringatan tersebut dan menyampaikan klarifikasi.

Dalam daftar yag dikeluarkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (DPOM), 2 produk Hayfa yakni HAYFA Acne Morning Pagi-Sore dan HAYFA Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore dinyatakan positif mengandung resorsinol, bahan berbahaya yang tidak boleh dipakai untuk kosmetika.

"Memang benar yang disebutkan itu produk kami. Tetapi itu produk lama, sudah ditarik semuanya dan dimusnahkan pada 2011, dan sudah diganti dengan produk baru yang bebas resorsinol," kata Ismed Rudyanto, legal officer Hayfa kepada detikHealth, Rabu (15/5/32013).

Rudyanto mengakui di lapangan memang masih ada yang memasarkan produk-produk yang menurut perhitungannya memang sudah kedaluarsa tersebut. Namun produk itu justru ditemukan di Makassar, sementara Hayfa tidak memiliki klinik maupun perwakilan di kota tersebut.

Terkait dengan keberatannya, Rudyanto mengaku telah mendatangi BPOM untuk menyampaikan klarifikasi dan ditemui oleh petugas Unit Layanan Pengaduan Konsumen ULPK. Ia merasa dirugikan karena para pemakai produknya banyak yang panik membaca public warning yang dikeluarkan BPOM.

Ditambahkan oleh Rudyanto, produk yang dinyatakan berbahaya oleh BPOM memiliki nomor registrasi yang berbeda dari produk yang masih diproduksi saat ini. Perbedaan itu adalah sebagai berikut.

Produk Hayfa yang dinyatakan berbahaya oleh BPOM:Next

Halaman 1 2
(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit