Awas, Produk Rumah Tangga Bisa Jadi Penyebab Radang Paru

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 17/05/2013 11:28 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Sebagian besar perempuan dan ibu rumah tangga menghabiskan waktu di dalam rumah. Tanpa disadari, partikel-partikel kecil yang terdapat di dalam produk rumah tangga bisa menimbulkan risiko kerusakan paru, termasuk radang paru.

Partikel ultrafine yang disebut sebagai Nanomaterials, digunakan pada sebagian besar produk rumah tangga. Termasuk di dalamnya sunscreen atau tabir surya, tinta mesin fotokopi, peralatan masak, dan peralatan olah raga. Menurut peneliti dari Amerika Serikat, partikel ini dapat menimbulkan risiko kerusakan dan radang paru-paru.

Hasil temuan ini penting sebab Nanomaterials digunakan dalam berbagai industri, seperti industri elektronik dan obat-obatan. Nanomaterial banyak digunakan dalam industri karena dapat membuat produk menjadi lebih kuat namun tetap fleksibel, seperti dilansir Health, Jumat (17/5/2013).

Penelitian sebelumnya memang telah menemukan bahwa Nanomaterials bisa membahayakan paru-paru. Namun studi kali ini lebih diterima karena laboratorium yang digunakan untuk uji coba berbeda-beda, mencakup ke seluruh negara, namun menghasilkan hasil yang sama mengenai risiko dari Nanomaterials.

"Hasil temuan ini akan membantu menciptakan kebijakan pembangunan agar aman dari nanoteknologi," ungkap salah satu peneliti, yang dipublikasikan secara online baru-baru ini dalam jurnal Environmental Health Perspectives.

"Penelitian ini memberikan konfirmasi lebih lanjut bahwa Nanomaterials memiliki potensi untuk menyebabkan peradangan dan luka pada paru-paru," imbuh Kent Pinkerton, penulis peneliti dan direktur Center for Health and the Environment at the University of California, dalam rilis berita universitas.

"Meskipun sejumlah kecil bahan tersebut tidak menimbulkan cedera apapun di paru-paru, namun kita masih harus tetap waspada dalam menggunakan produk tersebut. Sebab aplikasi bahan ini beragam di dalam beberapa produk dan makanan," tutur Pinkerton.

(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit