detikhealth
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Jerawat Bernanah dan Susah Sembuh, Apakah Terkena Acne Vulgaris?

Jumat, 17/05/2013 13:17 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Halo Dok, saya mau tanya mengenai penyakit kulit.
1. Penyakit acne vulgaris itu sebenarnya apa sih penyebabnya?
2. Apakah benar jika terkena acne vulgaris, kita harus pantang: olahraga, makan-makanan yang berminyak/berlemak, daging, telur, pedas-pedas, cokelat, dan tidak boleh terkena kipas angin?
3. Bagaimana penyembuhannya? Apakah acne vulgaris ini cirinya seperti: jerawat, terasa gatal-gatal dan ada sebum atau nanah/lemak di dalamnya?
4. Kenapa jerawat saya susah sekali sembuh dan di dalamnya ada seperti nanah/lemak/sebum ya?
5. Apakah klindamicyn bisa mengobati penyakit acne vulgaris ini?
6. Obat apa yang cocok untuk penyakit acne vulgaris ini, dan bisa mempercepat/mengurangi pembengkakan/peradangan jerawat ini? Mohon saran dan pengobatannya dok. Terimakasih.

Hendra (Pria lajang, 27 tahun)
brainXXX@gmail.com
Tinggi badan 168 cm, berat badan 70 kg

Jawaban

Salam Hendra,

Akne vulgaris atau disebut juga secara awam sebagai jerawat merupakan peradangan kronik folikel pilosebaseus yang dipengaruhi banyak faktor. Sesungguhnya penderita akne vulgaris tidak dipantang terkena kipas angin ataupun olahraga namun perlu diperhatikan kesehatan dan kebersihan kulitnya. Kipas angin terlalu keras (misalnya naik motor cepat) dapat membuat permukaan kulit menjadi kering yang selanjutnya memicu produksi minyak di lapisan bawah kulit. Untuk makanan, disarankan untuk tidak konsumsi makanan manis-manis/karbohidrat/lemak terlalu banyak. Hal ini karena makanan manis berpotensi memperberat reaksi radang.

Akne vulgaris memiliki beberapa varian seperti komedo, bintil (papul), nanah di dalamnya (pustul) maupun jerawat batu (nodul) yang kadang disertai rasa gatal. Jerawat disebabkan oleh tersumbatnya lemak di folikel pilosebaseus yang kemudian mengalami infeksi. Kondisi ini tidak selalu mudah diobati karena melibatkan 3 faktor yaitu produksi sebum/minyak (akibat gaya hidup, stres, hormonal dan keturunan), sumbatan (akibat kulit sering teriritasi, kotoran di wajah dll) dan infeksi oleh kuman P. acnes. Klindamisin merupakan salah satu antibiotik yang digunakan untuk mengatasi bakteri pada akne vulgaris. Untuk penanganannya bergantung dari kondisi kasus, faktor apa yang paling berperan agar penanganan dapat bersifat tuntas.

dr. Eddy Karta, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.


(hrn/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close