detikhealth

5 Kesalahan Terbesar Orang Saat Makan dan Olahraga

Ajenf Annastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 18/05/2013 07:53 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/Thinkstocks
Jakarta, Tidak diragukan lagi, mengatur pola makan dan rutin olahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan untuk tetap sehat. Namun hati-hati, melakukan kesalahan bisa menghambat usaha Anda untuk tetap sehat.

Dengan melakukan kesalahan tersebut, maka bisa dipastikan usaha Anda mengatur pola makan dan membuat porsi latihan akan menjadi sia-sia. Berikut 5 kesalahan terbesar saat mengelola pola makan dan olahraga, serta bagaimana cara memperbaikinya, seperti dikutp dari HealthNews, Sabtu (18/5/2013):

1. Makan terlalu sedikit lemak
Sebagian besar orang takut mengonsumsi lemak karena dianggap akan membuat gemuk. Padahal cukup lemak merupakan strategi terbaik untuk mengontrol berat badan. Ini karena lemak dapat menunda pengosongan lambung, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, lemak juga meningkatkan penyerapan antioksidan dan meningkatkan metabolisme, yang membakar lebih banyak kalori.

Lemak juga merupakan nutrisi yang penting dalam diet. Mengurangi terlalu banyak asupan lemak dapat menyebabkan kelelahan, rasa lapar berlebihan, depresi, dan menurunnya sistem imun.

Solusi: Masukkan lemak baik dalam menu makan Anda, seperti seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak kelapa.

2. Konsumsi minuman olahraga saat tubuh tidak membutuhkannya
Jika Anda banyak berkeringat, aktif bergerak selama lebih dari 90 menit, atau berolahraga di tempat yang panas, mengonsumsi minuman olahraga memang lebih dianjurkan agar kondisi tubuh tetap terhidrasi dan akan mengganti elektrolit yang hilang dalam keringat.

Namun jika hanya berolahraga kurang dari 1 jam sebaiknya tidak mengonsumsi minuman ini. Sebab, karbohidrat dalam minuman olahraga dirancang untuk membuat Anda tetap aktif. Mengonsumsinya saat otot tidak memerlukannya akan membuat tubuh mengonsumsi 35 gram gula lebih banyak.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit