Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Tak Pernah Berhubungan Intim Tapi Ada Benjolan di Bibir Vagina

Kamis, 23/05/2013 13:19 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Dok, saya belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan intim. Baru-baru ini di bibir vagina saya terdapat semacam luka benjolan. Kalau dipegang sakit dan terasa benjolan daging. Tetapi tidak bernanah. Itu penyakit apa dok? Pengobatan apa yang bisa saya lakukan? Saya terbiasa memakai pembersih khusus kelamin wanita, apa ada hubungannya dok? Saya khawatir sekali dok. Mohon penjelasannya. Terimakasih

Lean (Wanita lajang, 21 tahun)
iqiqbaekXXXX@gmail.com
Tinggi badan 157 cm, berat badan : 49 kg

Jawaban

Salam Lean,

Benjolan pada kelamin yang terasa nyeri umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada vagina ada kelenjar di dalam dinding labia mayora misalnya kelenjar Bartholin yang jika terinfeksi memberi gejala bengkak dan sakit sekali namun memang tidak terlihat bernanah karena letaknya yang relatif dalam.

Hal ini bisa terjadi misalnya akibat trauma saat membasuh, atau saat kondisi fisik kurang baik. Untuk pengobatan, walaupun obat untuk infeksi bakteri adalah antiobiotika, namun sebaiknya Lean memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh antibiotika yang tepat. Pembersih khusus wanita yang bersifat antiseptik tidak disarankan untuk digunakan secara terus menerus.

dr. Eddy Karta, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.


(hrn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit