detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Remaja dan Kesehatan Reproduksi

Marak Nikah Dini dan Seks Pranikah, Kehamilan Usia Remaja Meningkat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 24/05/2013 12:09 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 menunjukkan adanya peningkatan angka kehamilan di usia remaja. Temuan ini diyakini berkaitan dengan 2 hal yang sedang marak, yakni pernikahan dini dan kecenderungan seks pranikah.

"Angka kelahiran di kalangan remaja tinggi. Indikasi pertama, banyak perempuan menikah di usia dini. Kedua, hubungan seks sebelum menikah," kata Plt Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dr Sudibyo Alimoeso, MA kepada detikHealth, seperti ditulis Jumat (24/5/2013).

Hamil di usia remaja, menurut Sudibyo punya kecenderungan untuk mengalami risiko tinggi. Selain bisa menyumbang angka kematian ibu dan bayi, kondisi ini juga merugikan perkembangan keduanya sebab ibu yang masih dalam masa pertumbuhan rentan melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Sudibyo menilai, nikah dini bisa dilatarbelakangi banyak hal termasuk ekonomi seperti yang banyak dialami remaja putri. Dalam jangka pendek, dinafkahi suami bisa menjadi jalan pintas yang paling solutif tetapi juga bisa merugikan dalam jangka panjang.

Mengenai perilaku seks pranikah, Sudibyo menilai salah satu penyebabnya adalah kurangnya keterbukaan tentang seksualitas. Semakin hal ini dianggap tabu, semakin sulit para remaja mengakses informasi yang benar dan dikhawatirkan justru terjerumus dalam pergaulan yang salah.

"Kalau masalah kesehatan reproduksi tidak diajarkan sejak dini, selalu dianggap tabu, maka remaja akan mencari pelarian yang kadang-kadang tidak tepat. Misalnya masuk dalam peer-group remaja yang suka menunjukkan 'kedewasaannya'," lanjut Sudibyo.

SDKI 2012 menunjukkan, 48 dari 1.000 kehamilan di perkotaan terjadi pada kelompok remaja usia 15-19 tahun. Angka ini meningkat dibandingkan temuan SDKI 2007 yang hanya 35 dari 1.000 kehamilan. Selain merugikan dari sisi kesehatan, pernikahan di usia dini turut mempersulit upaya pengendalian jumlah penduduk.


(up/mer)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit