detikhealth

Biasakan Sarapan Sehat, Cegah Anak Jajan Sembarangan

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Selasa, 28/05/2013 06:53 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Membawa bekal ke sekolah memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah terjaganya gizi dan juga kebersihan makanan.

Tetapi, kebanyakan anak saat ini lebih memilih membawa uang saku. Peran jajanan di sekolah sangat penting saat ini, bahkan menyumbang 30 persen kebutuhan gizi 1 hari pada anak.

"Hal ini disebabkan oleh karena kebiasaan makan pagi tergeser oleh makanan jajanan dengan pemberian uang saku," ucap Spesialis Gizi Klinik yang juga Guru Besar Universitas Andalas Prof dr Fasli Jalal, PhD, SpGK dalam temu media di Kementerian Pendidikan Nasional, seperti ditulis Selasa (28/5/2013).

Tentu saja ini dapat mengurangi pemenuhan gizi seimbang untuk anak dalam masa pertumbuhannya. "Penjaja makanan di lingkungan sekolah tentu tidak optimal dalam menyediakan makanan yang bergizi bagi anak," ucap Prof Fasli.

Menurut Prof Fasli perubahan pola konsumsi yang tidak seimbang ini merupakan salah satu tantangan dalam pembangunan gizi anak. "Oleh sebab itu anak harus dibiasakan sarapan setiap pagi, memilih jajanan yang sehat, dan minum susu setiap hari," tambahnya.

Yuk, biasakan anak sarapan sehat setiap hari untuk pemenuhan nutrisi seimbang bagi pertumbuhannya.

(up/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close