detikhealth

Ada Gambar Jalu Ayam di Foto Rontgen Kaki, Apa Artinya?

Benedictus Megaputera MD - detikHealth
Selasa, 28/05/2013 17:21 WIB
bony spur
Jakarta, Gambaran seperti jalu ayam (bony spurs) pada foto rontgen radiologis kaki, seringkali dikaitkan dengan keluhan nyeri tumit. Pemahaman ini adalah tidak benar. Penyebab nyeri tumit ini bukan oleh bony spurs, melainkan plantar fasciitis. Karenanya, keluhan nyeri tumit ini dapat diatasi tanpa perlu membuang bony spurs tersebut.

Plantar fasciitis merupakan penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri di tumit, dapat terjadi di semua usia dan jenis kelamin, tetapi sering di usia 40-60 tahun dan diderita oleh wanita.

Plantar fasciitis adalah peradangan yang terjadi pada fascia, yaitu jaringan ikat yang terletak di sepanjang telapak kaki. Plantar fascia berfungsi sebagai penyerap tekanan (shock absorber) berat tubuh yang bertumpu di tumit dan membantu mempertahankan lengkungan kaki.

Pada kebanyakan kasus, plantar fasciitis dapat timbul tanpa suatu sebab yang jelas, meskipun demikian, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya plantar fasciitis ini, yaitu: adanya tekanan, peregangan dan penggunaan yang berlebihan

pada jaringan ini. Hal ini dapat terjadi pada orang dengan otot betis yang ketat (tight), lengkungan kaki yang tinggi (high arch), berat badan berlebih (obesitas), memiliki aktivitas baru yang tidak biasa dilakukan atau peningkatan aktivitas daripada biasanya dan penggunaan alas kaki yang tidak tepat.

Keluhan utama penderita plantar fasciitis adalah nyeri tajam di tumit, dengan puncak rasa nyeri berada tepat di depan tumit. Nyeri ini dapat sangat parah pada saat memulai langkah pertama, setelah bangun di pagi hari atau setelah periode yang lama mengistirahatkan kaki tanpa beban (non weight bearing), misalnya setelah duduk lama. Nyeri akan berkurang setelah kaki digunakan berjalan beberapa menit, tetapi nyeri akan dirasakan kembali setelah kaki dipakai beraktivitas (bukan selama beraktivitas).

Pemeriksaan rontgen kaki diperlukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab nyeri tumit yang lain, misalnya karena patah tulang atau radang sendi (arthritis). Pemeriksaan USG dan MRI sangat jarang dilakukan, kecuali bila didapati keluhan nyeri sendi tidak membaik setelah dilakukan pengobatan yang adekuat.

Lebih dari 90 persen kasus plantar fasciitis dapat diatasi tanpa pembedahan. Penanganan dapat meliputi: pemberian obat anti inflamasi non-steroid, kompres es, fisioterapi, injeksi, serta memodifikasi alas kaki. Sangat jarang kasus yang berakhir dengan tindakan pembedahan, seperti dilakukan: pemanjangan (lengthening) otot gastrocnemius maupun pembebasan (release) plantar fascia.

Benedictus Megaputera, MD
Orthopaedic Surgery, Sports Medicine and Arthroscopy
Fakultas Kedokteran, Universitas Katholik Widya Mandala


(up/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit