detikhealth

Konsultasi Tulang
dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi, Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine and Arthroscopy.

Otot Tendon Putus, Sudah Operasi Tapi Kaki Masih Sakit

Suherni - detikHealth
Rabu, 29/05/2013 14:52 WIB
Otot Tendon Putus, Sudah Operasi Tapi Kaki Masih SakitIlustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Salam kenal Dok, Dok saya mau tanya, engkel kanan saya kan baru dioperasi Dok dua bulan yang lalu dikarenakan otot tendon putus, setelah operasi Dok kaki saya kok masih sakit ya dok? Seperti nyeri kalau posisinya tidak pas dan engkel saya kok masih bengkak saja ya Dok? Kenapa kira-kira ya Dok? Terimakasih ya Dok.

Yan Heru (Laki-laki menikah, 31 tahun)
yan.XXXX@yahoo.com
Tinggi badan 159 cm, berat badan 72 kg

Jawaban

Mas Yan Heru,

Untuk mendapatkan kesembuhan hasil operasi penyambungan tendon yang putus dengan baik, tergantung pada beberapa hal, yaitu: derajat keparahannya, lama waktu kejadian dengan penanganannya, program fisioterapi paska operasi, status gizi dan pola hidup penderita.

Derajat keparahan, meliputi: keadaan jaringan di sekitar tendon, tipe putusnya tendon (total atau sebagian), keadaan tepi tendon yang terputus (rata atau tidak).

Kebersihan luka operasi juga harus selalu diperhatikan dengan melakukan perawatan luka secara benar.

Rasa nyeri, bengkak, kulit yang teraba hangat di sekitar lokasi operasi dan berwarna kemerahan, disertai terbatasnya fungsi menunjukkan masih adanya proses peradangan di tempat tersebut.

Kontrolkan keadaan Anda pada dokter yang telah melakukan operasi ini agar dapat dievaluasi dan diberi saran terapi/tindakan selanjutnya.

dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT
Dokter bedah Orthopedi dan Traumatologi lulusan Universitas Airlangga Surabaya dan Inje University di Seoul dengan sub/super spesialisasi di bidang Sport Medicine & Arthroscopy. Saat ini mengajar di Unika Widya Mandala, Surabaya dan menjadi pengurus IOSSMA (Indonesian Orthopaedic Society for Sports Medicine & Arthroscopy) di bawah kolegium PABOI (Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi Indonesia).


(hrn/up)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit