detikhealth
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Sudah Minum Obat Tapi Gatal dan Bengkak Muncul Lagi, Mengapa?

Jumat, 31/05/2013 15:17 WIB
Sudah Minum Obat Tapi Gatal dan Bengkak Muncul Lagi, Mengapa?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Dok, di bagian kulit suka gatal-gatal dan memerah seperti digigit nyamuk tapi ketika digaruk menjadi satu dan membengkak (giduhan). Saya minum obat penghilang gatal tetapi 2 hari kemudian muncul kembali, obat apakah yang dapat menghilangkan penyakit ini dok?

Budy (Pria lajang, 28 tahun)
budy_XXXXX@rocketmail.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 45 kg

Jawaban

Salam Budy,

Dari keluhan yang disampaikan kemungkinan kaligata atau nama lainnya biduran. Untuk menghilangkan penyakit ini perlu dicari sumber penyebabnya, bisa diakibatkan dari alergi dingin, alergi makanan, infeksi fokal dari infestasi cacing maupun infeksi gigi. Kondisi ini juga bisa dicetuskan karena tekanan dan udara dingin. Kondisi fisik yang sedang turun juga dapat menyebabkan kondisi ini kerap muncul. Untuk itu selain mengkonsumsi obat gatal (antihistamin) yang lebih penting dicari akar permasalahannya.

dr. Eddy Karta, SpKK
Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.


(hrn/up)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit