detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Pemuda Ini Jatuh Koma Akibat Overdosis Kecap

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Jumat, 07/06/2013 12:27 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta, Seorang pemuda di Virginia, AS, jatuh koma karena overdosis kecap. Terang saja dia roboh, sebab dia meminum 1 liter kecap sekaligus. Nyawanya hampir melayang karena tubuhnya kelebihan garam.

Pemuda berusia 19 tahun ini nekat mengganyang begitu banyak kecap karena terhasut tantangan teman-temannya. Kasus ini membuatnya tercatat sebagai orang pertama yang sengaja mengalami overdosis akibat kelebihan garam, namun selamat tanpa gangguan neurologis permanen.

"Terlalu banyak garam dalam darah, suatu kondisi yang disebut hipernatremia, biasanya terlihat pada orang dengan kondisi kejiwaan yang memiliki nafsu makan besar pada makanan berbumbu," kata Dr David J. Carlberg yang menangani pemuda tersebut seperti dilansir LiveScience, Jumat (7/6/2013).

Dr David bekerja sebagai dokter gawat darurat di MedStar Georgetown University Hospital di Washington DC. Dalam laporan yang dimuat Journal of Emergency Medicine, dr David menjelaskan bahwa Hipernatremia berbahaya karena menyebabkan otak kehilangan air.

Ketika kadar garam terlalu banyak dalam aliran darah, air akan mengalir keluar dari jaringan tubuh dan masuk ke darah melalui proses osmosis. Sel-sel tubuh mencoba menyamakan konsentrasi garam dengan sekitarnya. Apabila sel-sel otak kekurangan air, maka organ akan menyusut dan terjadi perdarahan.

Pada kasus yang menimpa pria yang tak disebutkan namanya ini, dia mengalami kejang setelah meminum seliter kecap. Oleh teman-temannya, dia segera dibawa ke unit gawat darurat. Dia sudah dalam keadaan koma ketika tiba di rumah sakit University of Virginia Medical Center hampir 4 jam setelah kejadian.

"Dia tidak menanggapi salah satu rangsangan yang kami berikan. Dia mengalami clonus (kejang otot berulang) yang merupakan peningkatan refleks. Ini pertanda bahwa pada dasarnya sistem saraf tidak bekerja dengan baik," kata dr David.Next

Halaman 1 2
(pah/vta)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit