detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Selasa, 23/12/2014 10:15
100 Konsultasi Terpopuler 2014
Selasa, 23/12/2014 09:50
100 Konsultasi Terpopuler 2014

Bodybuilding untuk Si Cungkring

Bodybuilding Bikin Payudara Mengecil? Sebaliknya, Justru Makin Kencang

Ajeng Atastasia Kinanti,Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Rabu, 12/06/2013 15:02 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Banyak kaum perempuan yang enggan melakukan latihan bodybuilding karena takut payudaranya mengecil. Padahal tidak selalu seperti itu. Jenis dan porsi latihan yang tepat akan membentuk payudara menjadi semakin indah. Lantas bagaimana latihan yang tepat untuk membentuk payudara menjadi lebih ideal?

Latihan bodybuilding tidak menambah atau mengurangi jaringan payudara. Kehilangan lemak tubuh yang merupakan salah satu aspek dari proses bodybuilding memang dapat mengurangi ukuran payudara, sebab payudara terutama terdiri dari lemak, seperti dilansir LiveStrong dan ditulis pada Rabu (12/6/2013).

Ukuran payudara dan hormon memiliki hubungan yang dekat. Beberapa perempuan bisa kehilangan hampir semua jaringan payudara mereka bersama dengan lemak tubuh, sementara pada yang lain mungkin hanya terlihat sedikit penurunan.

Payudara berada di atas otot-otot dada yang besar. Ketika otot dada diberi latihan, maka dapat menambah ukuran dan mengencangkannya. Tetapi jika diberikan latihan terlalu ekstrim atau justru terlalu ringan, maka jaringan payudara mungkin tidak akan berkembang seperti yang diharapkan.

"Membesar dan mengecil bisa terjadi, bergantung pada intensitas latihan. Jika intensitasnya sedang, pada awalnya akan terlihat kecil karena mengencang. Namun jika dilatih terus-menerus maka lemak akan hilang dan otot semakin menyembul, sehingga payudara lebih besar," ujar dr Michael Triangto, spesialis dokter kesehatan olahraga RS Mitra Kemayoran, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (12/6/2013).

Dr Michael melanjutkan, jika latihan yang diberikan terlalu keras, maka jaringan payudara justru bisa menjadi tipis dan mengecil. Menurut dr Michael, pembentukan bergantung pada tujuannya. Jika memang setelah latihan payudara justru mengecil, maka latihan harus dihentikan karena perubahan tersebut menandakan bahwa latihannya salah.

Sedangkan menurut Dicky Ramadhani, RRT Development Coach Celebrity Fitness, berlatih beban seperti latihan chest press akan membuat otot-otot berkontraksi dan memadat. Perempuan yang sering berlatih chest press, apalagi perempuan yang sudah memiliki anak, nantinya akan mendapatkan bentuk otot dada yang lebih kencang.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit