detikhealth

Kejang-kejang Sejak Pembengkakan Jantung, Bagaimana Mengatasinya?

Suherni - detikHealth
Jumat, 21/06/2013 11:46 WIB
Kejang-kejang Sejak Pembengkakan Jantung, Bagaimana Mengatasinya?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, saya mau konsultasi tentang penyakit yang dialami oleh bapak saya, usianya 71 tahun dan menurut diagnosa dokter, bapak saya kena pembengkakan jantung. Yang saya mau tanyakan kenapa ya Dok kalau bapak saya duduk sekitar 10 menit sering mengalami kejang-kejang dan itupun pernah dialami pas lagi antre untuk konsultasi ke dokter jantung? Cara mengatasinya bagaimana ya Dok? Terimakasih sebelumnya.

May (Wanita lajang, 32 tahun)
mays_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 152 cm, berat badan 45 kg

Jawaban

Dear Ibu May,

Selamat pagi Ibu May, saat ini bagaimana kondisi bapak Anda? Boleh disampaikan keluhannya dengan terperinci dan detail.

Apakah ayah Anda masih mengalami gejala nyeri dada di sebelah kiri seperti ada beban berat yang menekan dada ayahanda? Lalu bagaimana dengan gejala sesak napas, sesak dada dan jantung berdebar-debar? Apakah ayah Anda sudah melakukan pemeriksaan lengkap? Jika belum, saya sarankan ayah Anda untuk melakukan pemeriksaan yang lengkap seperti: tes EKG, echokardiografi, rontgen dada, CT scan jantung.

Lalu saya ingin menanyakan apa ya yang menjadi penyebab pasti jantung ayah Anda membengkak?

Mengenai pembengkakan jantung, ada begitu banyak penyebab dari penyakit pembengkakan jantung. Misalnya: jantung koroner, otot jantung, katup jantung, darah tinggi, dsb. Untuk pengobatan pasien penyakit pembengkakan jantung disesuaikan dengan penyebab pasti/penyebab awal dari penyakit pembengkakan jantung. Misalnya penyebab pasti penyakit pembengkakan jantung berasal dari darah tinggi, maka saya sarankan agar ayah Anda untuk selalu mengontrol tekanan darah. Diusahakan agar tekanan darah tetap terkontrol. Ukuran normal tekanan darah adalah 120/80.

Ibu May, saya perlu membaca lebih lanjut hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh ayah Anda, baik hasil pemeriksaan jantung, echokardiografi, rontgen dada, CT scan jantung, hasil laboratorium agar dapat mengobati kondisi ayah Anda lebih lanjut. Dengan mengetahui kondisi pasien, riwayat penyakit pasien, dan hasil pemeriksaan jantung, maka tim Prof. dr. spesialis jantung Yodak Hospital dapat memberikan pengobatan yang terbaik buat pasien Anda.

Anda dapat datang dan berkonsultasi langsung dengan saya untuk konsultasi langsung (bertatap muka langsung) dengan saya gratis, tidak dipungut bayaran sepeser pun, dengan membawa hasil pemeriksaan ayah Anda. Untuk informasi dan pendaftaran, Anda dapat menghubungi customer service : 021-99808123. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(hrn/vit)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit