detikhealth

Dada Kiri Terasa Tak Nyaman dan Nyeri, Adakah Indikasi Sakit Jantung?

Suherni - detikHealth
Senin, 24/06/2013 11:52 WIB
Dada Kiri Terasa Tak Nyaman dan Nyeri, Adakah Indikasi Sakit Jantung?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Pak Dokter, mengapa dada kiri saya kadang-kadang terasa nyeri? Adakah gangguan jantung atau penyakit apa yang membuat dada kiri terasa kurang nyaman?

Rahmat (Laki-laki menikah, 34 tahun)
rahmatXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 165 cm, berat badan 57 kg

Jawaban

Dear Bapak Rahmat,

Sebelumnya Bapak Rahmat sudah memeriksa diri ke dokter? Dokter mengatakan apa ya?

Jika belum, saya menyarankan Anda untuk cek ke dokter, dan melakukan pemeriksaan yang lengkap sepertiļ¼š test EKG, tes Ekokardiografi, dan Holter Monitoring.

Mengenai gejala nyeri dada, memang patut kita curigai dan waspadai, karena gejala ini berkaitan dengan gejala penyakit jantung. Namun, gejala nyeri dada tidak hanya berasal dari jantung, tetapi bisa berasal dari penyakit lain, seperti :
1. Nyeri dada yang berasal dari paru-paru, seperti: kanker paru-paru, edema paru-paru, emboli paru-paru
2. Nyeri dada yang berasal dari perut, seperti: gangguan pencernaan, maag, asam lambung meningkat, gerd
3. Nyeri dada yang berasal dari batuk (infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus)
4. Nyeri dada berasal dari otot atau tulang dada, misalnya: otot atau tulang rusuk patah

Nyeri dada yang berasal dari jantung biasanya disertai dengan gejala sesak dada, sesak napas, jantung berdebar. Nyeri ini juga berlangsung lebih dari 5 menit, pada masa istirahat juga berlangsung nyeri dada. Pasien yang merasakan nyeri dada, akan merasa pusing (migrain), tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan yang lengkap, seperti: tes EKG, USG jantung dan rontgen dada. Jika sudah melakukan pemeriksaan yang lengkap Anda boleh datang dan berkonsultasi dengan saya gratis, tidak dipungut bayaran sepeser pun, dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(hrn/vta)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit