detikhealth

Jangan Bangga dengan Tubuh Gemuk

Suherni - detikHealth
Sabtu, 29/06/2013 16:22 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Memiliki tubuh gemuk tidak hanya menurunkan daya tarik dan kepercayaan diri, tetapi juga menimbun berbagai penyakit serius yang membahayakan nyawa. Karena itu, jangan pernah bangga dengan tubuh gemuk!

Siapa yang tak ingin memiliki tubuh langsing dan seksi, terutama bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Namun, seiring berjalannya perubahan pola hidup yang serba modern, makin banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan berlemak, yang terlihat dari maraknya restoran-restoran yang menyajikan makanan siap saji yang mempunyai kadar lemak tinggi. Akibatnya, kelebihan berat badan pun menjadi masalah serius di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kelebihan berat badan (overweight) adalah keadaan di mana berat badan seseorang melebihi berat badan normal. Sedangkan obesitas (kegemukan) adalah suatu keadaan di mana terjadi penumpukan lemak yang berlebih, sehingga berat badan seseorang jauh di atas normal dan dapat membahayakan kesehatan.

"Bila IMT (indeks massa tubuh) berada di atas 40 maka sudah memasuki obesitas morbid," ujar Dr. Samuel Oetoro, MS, dokter gizi klinis yang berpraktik di RS Siloam Semanggi, saat ditemui dalam acara Talkshow Penurunan Berat Badan 'Langsing dan Bugar ala Bye bey BIG' yang diselenggarakan oleh PT Roche Indonesia di Atrium lantai dasar, Mall Kalibata City Square Jl Kalibata Raya Kav. 1, Jakarta pada Sabtu (29/6/2013).

Dr Samuel menyampaikan, bagi yang sudah dinyatakan obesitas mesti waspada sebab dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti diabetes melitus, penyakit jantung koroner dan pembuluh darah, hipertensi, stroke dan berbagai jenis kanker.

Oleh karena itu, penting bagi orang yang bertubuh gemuk untuk mulai melakukan upaya penurunan berat badan. Dr Samuel menjelaskan, pilar utama dari program penurunan berat badan adalah dengan cara pendekatan terpadu, yakni dengan pengaturan pola makanan, olahraga, berpikir positif, sehingga penurunan berat badan dapat berhasil dengan baik dan dipertahankan untuk jangka waktu yang lama.

"Jalani pola hidup sehat dan bugar dengan 5 S: makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan sehat," tutupnya.

(hrn/mer)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit