Rutin Bercinta Bikin Usia Tampak 7 Tahun Lebih Muda

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 05/07/2013 11:31 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Hubungan seks pada pasangan suami istri tidak hanya meningkatkan keharmonisan tapi juga baik untuk kesehatan, bahkan penampilan. Para ahli mengklaim rutin bercinta di usia baruh baya bisa membuat seseorang tampak 7 tahun lebih muda.

Dr David Weeks dari Royal Edinburgh Hospital mengatakan hal itu setelah melakukan pengamatan terhadap sekelompok orang dewasa berusia 40-50 tahun. Sebanyak 50 persen pasangan yang tampak lebih muda dari usianya mengaku rutin bercinta 3 kali dalam sepekan.

Tidak hanya pada penampilan, kesan lebih muda daripada usia sebenarnya juga tampak dari kondisi kesehatan para pasangan. Riset lain di Inggris
menunjukkan, pasangan yang rutin bercinta lebih jarang mengalami kematian dini karena bebagai penyakit kronis.

Ditambahkan oleh Dr Weeks, faktor biologis turut mempengaruhi kecenderungan tersebut. Saat bercinta, seseorang akan merasa senang dan akibatnya tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Fungsinya meredakan stres, juga membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Manfaat lainnya didapat dari aktivitas fisik yang dilakukan saat bercinta. Seperti halnya olahraga, berhubungan seks secara teratur juga bisa menjaga kebugaran jantung, membakar kalori dan memberikan berbagai manfaat kesehatan yang lainnya.

Kembali soal penampilan, rutin berhubungan seks juga membuat elastisitas kulit lebih terjaga. Kombinasi hormon dan sistem peredaran darah yang lebih terjaga akan menjaga kulit tetap kencang an tampak lebih cerah karena tidak cepat termakan proses penuaan.

"Pesan saya adalah bahwa bercinta itu baik," kata Dr Weeks yang akan mempresetasikan temuannya terebut dalam pertemuan British Psychological Society, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (5/7/2013).


(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit