detikhealth

Telapak Kaki Sering Berkeringat, Indikasi Sakit Jantung?

Suherni - detikHealth
Jumat, 05/07/2013 11:45 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Belakangan ini telapak kaki saya sering berkeringat. Kata teman-teman itu gejala sakit jantung. Mohon bantuannya dokter, apakah benar hal tersebut, Dok?

Abenk Dhani Puntodewo (Pria lajang, 27 tahun)
dhanidirkirXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 168 cm, berat badan 65 kg

Jawaban

Dear Bapak Abenk,

Selamat siang Pak Abenk,

Mengenai telapak tangan dan kaki berkeringat, apakah telapak tangan Anda berkeringat hingga basah, sehingga dapat menggangu aktivitas Anda bekerja, mengetik komputer/laptop atau bersalaman dengan orang lain? Jika memang demikian, maka Anda terkena penyakit tangan berkeringat.

Gejala tangan berkeringat dan kaki berkeringat bukan disebabkan oleh jantung, namun disebabkan oleh saraf parasimpatik. Penyebab dari tangan berkeringat ialah: kelebihan kemampuan sistem saraf simpatik sehingga menyebabkan tangan berkeringat. Sistem saraf simpatik ialah bagian dari sistem saraf otonom yang bertugas untuk fungsi kelenjar keringat dan merangsang sekresi glukosa dalam hati. Sistem ini cenderung bertindak berlawanan arah terhadap sistem saraf parasimpatik.Next

Halaman 1 2
(hrn/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit