detikhealth

Bayi 4 Bulan dengan Jantung Bocor, Bolehkah Berendam di Kolam Plastik?

Suherni - detikHealth
Senin, 08/07/2013 11:45 WIB
Bayi 4 Bulan dengan Jantung Bocor, Bolehkah Berendam di Kolam Plastik?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dear Dokter,

Dokter, anak saya setelah lahir ketahuan ada kebocoran jantung dan sekarang usianya hampir masuk 4 bulan.

1. Apakah asupan makan yang bisa berikan?
2. Apakah boleh anak saya untuk berenang di dengan kolam renang plastik untuk di rumah?

Terimakasih.

Irniwati Hasanah (Perempuan menikah, 26 tahun)
irni_XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Dear Ibu Irniwati,

Sebelumnya saya ingin bertanya, bagaimana kondisi anak Anda yang sedang sakit? Bisa disampaikan keluhannya lebih mendetail.

Mengenai jantung bocor pada bayi (jantung bawaan) banyak penyebabnya, di antaranya: infeksi bakteri, gizi buruk, lingkungan radiasi tempat tinggal, dsb.

Lalu, apakah anak Anda sudah cek ke dokter spesialis jantung dan melakukan pemeriksaan jantung? Jika belum saya sarankan anak Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung: ekokardiografi, rontgen dada, EKG, dsb.

Saya juga ingin menanyakan berapa besar lubang kebocoran dan tingkat kebocorannya? Penyakit jantung bawaan terdiri dari berbagai tipe, misalnya: ASD (kebocoran pada atrium), VSD (kebocoran pada ventrikel), tetrology of fallot, PDA.

Anak Anda terkena penyakit jantung bawaan type apa ya?

Lubang kerusakan kebocoran jantung tidak besar, jika kecil maka kemungkinan dapat menutup dengan sendirinya. Dokter spesialis jantung menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan jantung. Setiap 3-6 bulan harus melakukan pemeriksaan ekokardiografi.

Perhatian: jangan membiarkan anak demam pilek, karena itu sangat mempengaruhi kondisi paru-parunya, bisa menyebabkan penyakit bronchitis.

Mengenai pola makanan, pengobatan, dan pencegahannya, tim dokter spesialis jantung perlu membaca hasil pemeriksaan anak Anda, keluhan yang ia rasakan, dan kondisinya dan tingkat kebocoran jantung anak Anda. Oleh karena itu, saya sarankan Ibu Irniwati datang dan berkonsultasi langsung gratis, tidak dipungut bayaran sepeser pun, dengan membawa hasil pemeriksaan dan kondisi anak ke kantor perwakilan kami.

Untuk informasi dan pendaftaran, Ibu dapat menghubungi: 021-99808123. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(hrn/vta)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit