Fakta tentang Vitamin dan Mineral dalam Tubuh yang Patut Anda Ketahui

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Jumat, 19/07/2013 18:56 WIB
Halaman 1 dari 3
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Vitamin dan mineral yang paling banyak terkandung pada buah dan sayuran pastinya bermanfaat bagi tubuh sebagai antioksidan, menjaga metabolisme tubuh serta saluran pencernaan. Nah, agar konsumsi vitamin dan mineral Anda bisa lebih optimal lagi, ada baiknya Anda mengetahui fakta tentang vitamin dan mineral sehingga tubuh Anda pun makin sehat dan bugar.

Berikut fakta berbagai jenis vitamin dan mineral dalam tubuh seperti dikutip dari Medindia, Jumat (19/7/2013) :

1. Kalsium

Hanya satu persen dari kalsium total pada tubuh yang diperlukan untuk fungsi metabolisme sementara sisanya sebesar 99 persen digunakan untuk memberi kekuatan dan struktur tulang dan gigi. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak ditemukan dalam tubuh.

Bersama dengan fosfor, kalsium membentuk tulang, gigi, dan sel-sel saraf. Sumber alami kalsium yaitu susu, yogurt, dan keju. Tapi kalsium juga terkandung dalam ikan salmon kaleng, ikan sarden yang disertai tulang, dan sayuran berdaun hijau seperti brokoli.

2. Kalium

Kalium atau potasium berperan penting dalam pembentukan protein dan otot, mengendalikan asam basa, dan aktivitas jantung. Jika tubuh kekurangan kalium (hipokalemia) bisa mengakibatkan kelemahan otot, detak jantung tidak normal, dan tekanan darah meningkat. Next

Halaman 1 2 3
(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit