detikhealth

Perut Sering Mual-mual dan Gemetaran Disertai Jantung Berdetak Kencang

Suherni - detikHealth
Rabu, 31/07/2013 11:38 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok kenapa perutku sering mual-mual dan sering gemetaran? Detak jantung juga terasa kencang sekali, perasaan jadi gugup.

Muhammad (Pria lajang, 28 tahun)
Ninun.XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 163 cm, berat badan 54 kg

Jawaban

Dear Bapak Muhammmad,

Sebelumnya Bapak sudah cek ke dokter? Dokter mengatakan apa ya?

Mengenai jantung berdebar-debar, memang patut kita curigai (waspadai), karena gejala ini berkaitan dengan gejala penyakit jantung. Namun harus diketahui terlebih dahulu penyebab dari gejala jantung berdebar-debar. Pada umumnya gejala jantung berdebar-debar, ada banyak penyebabnya. Misalnya: pengaruh kopi, obat-obatan, penyakit dari jantung itu sendiri, jantung koroner, katup jantung dan sebagainya, bisa juga karena gangguan psikologis seperti: takut, kecemasan, panik.

Mengenai jantung berdebar-debar, harus dilakukan pemeriksaan yang lengkap. Berdasarkan kondisi anda saat ini, kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan jantung HOLTER MONITORING. EKG tidak dapat mendiagnosa gejala-gejala seperti: nyeri dada, sesak napas, sesak dada dan jantung berdebar-debar dengan terperinci dan detail. Pada masa istirahat, orang dewasa memiliki detak jantung 60-100x/menit. Jika lebih dari 100 kali/ menit dan kurang dari 60/menit, detak jantung anda tidak normal. Jika detak jantung tidak normal, maka di diduga sebagai penyakit aritmia jantung (gangguan pada irama jantung).Next

Halaman 1 2
(hrn/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit