detikhealth

Perut Sering Mual-mual dan Gemetaran Disertai Jantung Berdetak Kencang

Suherni - detikHealth
Rabu, 31/07/2013 11:38 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok kenapa perutku sering mual-mual dan sering gemetaran? Detak jantung juga terasa kencang sekali, perasaan jadi gugup.

Muhammad (Pria lajang, 28 tahun)
Ninun.XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 163 cm, berat badan 54 kg

Jawaban

Dear Bapak Muhammmad,

Sebelumnya Bapak sudah cek ke dokter? Dokter mengatakan apa ya?

Mengenai jantung berdebar-debar, memang patut kita curigai (waspadai), karena gejala ini berkaitan dengan gejala penyakit jantung. Namun harus diketahui terlebih dahulu penyebab dari gejala jantung berdebar-debar. Pada umumnya gejala jantung berdebar-debar, ada banyak penyebabnya. Misalnya: pengaruh kopi, obat-obatan, penyakit dari jantung itu sendiri, jantung koroner, katup jantung dan sebagainya, bisa juga karena gangguan psikologis seperti: takut, kecemasan, panik.

Mengenai jantung berdebar-debar, harus dilakukan pemeriksaan yang lengkap. Berdasarkan kondisi anda saat ini, kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan jantung HOLTER MONITORING. EKG tidak dapat mendiagnosa gejala-gejala seperti: nyeri dada, sesak napas, sesak dada dan jantung berdebar-debar dengan terperinci dan detail. Pada masa istirahat, orang dewasa memiliki detak jantung 60-100x/menit. Jika lebih dari 100 kali/ menit dan kurang dari 60/menit, detak jantung anda tidak normal. Jika detak jantung tidak normal, maka di diduga sebagai penyakit aritmia jantung (gangguan pada irama jantung).Next

Halaman 1 2
(hrn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit