detikhealth

Ingin Tetap Bugar Saat Lansia? Harus Dimulai Sejak Masih Remaja

Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 31/07/2013 13:13 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Tak diragukan lagi saat mengalami proses penuaan pasti akan terjadi penurunan fungsi beberapa organ tertentu, sehingga aktivitas pun menjadi semakin terganggu seiring pertambahan usia. Untuk itu, upaya menjaga kesehatan perlu dilakukan sejak masih remaja. Yuk, mulai terapkan!

"Healthy aging atau penuaan yang sehat harus disiapkan sejak muda. Kesehatan itu harus selalu diutamakan, mungkin sekarang saat masih remaja belum terlalu dirasakan efeknya rajin berolahraga. Nanti jika sudah mulai menua baru akan dirasakan, jangan tunda lagi," papar Prof. Dr. Sri Moertiningsih Adioetomo, atau akrab disapa Prof Tuning, dari Lembaga Demografis FE-UI, saat ditemui dalam acara media briefing 'Indonesia Harus Siap Hadapi Penuaan Penduduk', yang diadakan di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng Selatan, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Saat remaja, ada baiknya banyak mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2007, 93,6 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun belum mengonsumsi sayur dan buah-buahan seperti yang disarankan. Sementara konsumsi sayur dan buah-buahan yang disarankan adalah minimal 5 porsi per hari selama 7 hari dalam seminggu.

Selain memenuhi kebutuhan gizi dengan mengatur pola makan, remaja juga sebaiknya melakukan aktivitas fisik. Data Riskesdas tahun 2007 menyatakan bahwa 48,2 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun kurang aktivitas fisik. Dianjurkan aktivitas fisik yang dilakukan adalah minimal 150 menit per minggu. Tidak sekadar aktivitas biasa sehari-hari, tetapi menyediakan waktu khusus untuk olahraga.

Disarankan pula sejak dini untuk mengurangi konsumsi gula, garam, gajih (lemak), dan gandum secara berlebihan. Jika memang diperlukan, remaja juga bisa mulai mengonsumsi jamu secara rutin.

"Yang tak kalah penting adalah olahraga. Olahraga adalah kunci sehat bagi semua orang. Remaja saat ini kan masih sering malas olahraga, nanti kalau sudah tua baru berasa ada kelemahan di otot dan tulangnya karena jarang digerakkan," ujar Prof Tuning.

Jika memang ingin memiliki masa tua dengan kondisi tubuh yang sehat, maka kebiasaan yang sehat juga harus dilakukan sejak remaja. Namun sayangnya, kondisi kehidupan khususnya di perkotaan saat ini membuat penghuninya menjadi tidak hidup sehat. Ini yang harus mendapat perhatian lebih dan segera dilakukan perubahan agar masa tua tetap sehat.

(up/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit