detikhealth

Lebaran Sehat Tanpa Timbunan Lemak

Begini Cara Sehat Menyantap Menu Lebaran

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 31/07/2013 13:26 WIB
ilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta, Saat Lebaran, banyak terhidang aneka makanan. Ada yang bersantan, ada yang manis, dan jika semuanya dimakan secara kalap bisa jadi badan akan melar sesaat setelah Lebaran. Nah bagaimana cara sehat menyantap menu Lebaran?

"Makan sayur dan buah jangan sampai lupa. Sayur bisa sayur bening seperti bayam, wortel, brokoli atau buncis," kata pakar gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, dalam perbincangan dengan detikHealth, Rabu (31/7/2013).

Sayur sebaiknya dimakan tiga porsi dalam sehari. Yang baik tentunya sayur segar, karena saat Lebaran umumnya sayurnya sudah bersantan. Apalagi jika sayurnya dihangatkan berapa kali, maka yang tersisa kalori dan lemak saja, sementara vitaminnya sudah rusak

Selain sayur, buah juga jangan sampai absen dikonsumsi. Misalnya saja apel yang baik untuk menetralkan lemak karena kandungan serat larut di dalamnya untuk menyerap kolesterol.

"Pepaya juga boleh. Makannya sekitar dua sampai tiga buah sehari, tapi jangan langsung tiga buah sekaligus," sambung dr Titi.

"Makan buah berguna untuk dapat serat supaya lemak dari menu Lebaran tidak langsung diserap tubuh, bagi pasien diabetes juga kadar gula naiknya enggak drastis, secara perlahan," tambahnya.

Sementara itu dokter spesialis penyakit dalam, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menyebut jeruk adalah salah satu buah yang perlu disediakan saat Lebaran. Sebab kandungan vitamin C yang banyak terdapat dalam buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

"Kalau mau pencernaan lancar, pepaya atau melon juga baik. Asal jangan nangka atau durian ya," pesan dr Ari.

Menurut dia, sebaiknya buah dimakan langsung, tidak dijus. "Sayur juga dengan five serving, setiap tiga kali makan besar ada sayur ditambah sebagai selingan," sambung dr Ari.

(vit/vta)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit