detikhealth

5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Akibat Penggunaan Microwave

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 13/08/2013 08:00 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/ Thinkstock
Jakarta, Saat ini, demi kepraktisan dan hemat waktu ada beberapa orang yang mengambil makanan dari lemari pendingin kemudian memasaknya di microwave. Dalam waktu tiga menit saja, makanan sudah siap disantap.

Tapi, tahukah Anda bahwa memasak makanan menggunakan microwave sebenarnya justru tidak baik bagi kesehatan? seperti dilansir Medical Daily, Selasa (13/8/2013), berikut ini lima masalah kesehatan yang terdapat di balik penggunaan microwave untuk memasak:

1. Nutrisi makanan hilang

Memanaskan makanan di microwave bisa menanggalkan nutrisi asli makanan tersebut. Apa yang awalnya disebut sepiring makanan bergizi telah berubah menjadi 'makanan mati' karena pemanasan dielektrik gelombang mikro. "Mereka akan terpental di sekitar microwave Anda dan akan diserap oleh makanan yang Anda masukkan ke dalamnya," tulis Dr Joseph M.Mercola, dokter berlisensi sekaligus ahli bedah.

Molekul air yang berputar dengan cepat diiringi frekuensi tinggi pada microwave menghasilkan gesekan molekul yang bisa memanaskan makanan. Hal ini menyebabkan struktur molekul dalam makanan berubah sehingga kandungan gizi dalam makanan juga berkurang.

2. Menghancurkan vitamin B-12 dan kandungan gizi pada ASI

Manfaat dari vitamin B-12 akan segera hilang setelah dipanaskan di microwave. Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, peneliti memutuskan untuk meneliti efek pemanasan microwave terhadap hilangnya vitamin B-12 pada makanan baku seperti daging sapi, babi, dan susu. Hasil penelitian menunjukkan ada 30 sampai 40 persen vitamin yang hilang akibat paparan microwave. Pergeseran vitamin B-12 menjadi bentuk tidak aktif ditemukan dalam makanan selama proses pemanasan di microwave.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit