detikhealth

Gara-gara Bermain di Selokan, Otak Bocah 12 Tahun Ini Dimakan Amoeba

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 14/08/2013 14:45 WIB
Bocah laki-laki berusia 12 tahun harus berjuang mempertahankan hidupnya setelah ia bermain bersama temannya di selokan dekat rumahnya di LaBelle, Florida. Sebab saat bermain ia terinfeksi amoeba pemakan otak.

Jika berhasil pulih, anak lelaki bernama Zachary Reyna itu akan menjadi orang ke-empat yang selamat dari serangan amoeba pemakan otak. Menurut Napples News, Naegleria Gowleri atau amoeba pemakan otak hidup di air tawar yang hangat dan menyerang otak setelah masuk ke tubuh melalui hidung.

Dalam 50 tahun terakhir, ada 31 orang yang terkena infeksi langka primary amoebic meningoencephalitis (Pam) dan sejauh ini hanya ada tiga orang yang bisa bertahan hidup.

"Kami berharap dia bisa menjadi orang ke-empat yang bisa bertahan. Saya berharap bisa menyentuhnya dan bisa memindahkan virus itu. Sangat sulit melihat dia dalam kondisi seperti ini" kata kakak Zachary, Brandon kepada ABC7 seperti dilansir Daily Mail, Rabu (14/8/2013).

Keluarga pertama kali melihat ada sesuatu yang tidak beres dengan Zachary setelah ia tidur selama satu hari penuh setelah bermain dengan teman-temannya pada tanggal 3 Agustus. Orang tua dan saudara Zachary mengira ia hanya kelelahan dan akan pulih dalam waktu 24 jam.

Tapi mereka segera menyadari ada sesuatu yang salah karena biasanya Zachary yang gemar olahraga bisbol ini adalah anak yang aktif. Saat ini, seluruh anggota keluarga senantiasa menjaga Zachary yang sekarang dirawat dan tidak sadarkan diri di Miami Children's Hospital.

"Ini akan menggerogoti jaringan dan benar-benar akan memakannya. Kondisi ini merupakan bentuk parah meningitis (radang selaput pelindung sistem saraf pusat) di mana otak Anda akan dimakan oleh Amoeba," kata Dr Mark Heulitt kepada KATV.

Brandon yakin bahwa adiknya akan bisa melalui saat kritis ini. "Dia bisa berjuang karena dia benar-benar anak yang kuat," ujarnya. Untuk mencegah infeksi lebih lanjut, pejabat kesehatan di Florida sudah memperingatkan para perenang untuk berhati-hati saat berada di air.

Amoeba umumnya berada di air hangat yang tergenang di Florida tengah, terutama saat musim panas. Pejabat kesehatan juga sudah menyarankan perenang dan pemain ski air untuk memakai penutup hidung sebagai tindakan pencegahan agar amoeba tidak masuk ke dalam tubuh.

Tiga anak laki-laki berusia antara sepuluh dan 14 tahun terkena infeksi tersebut setelah berselancar dan berenang. Mark Zeitler, paman Will Seller, yang meninggal tahun lalu akibat infeksi ini telah memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari air di musim panas.

"Kami tidak mencoba untuk jadi alarmist tapi air yang memanas bisa menjadi tempat amoeba itu berkembang," ujar Zeitler kepada Orlando Sentinel. Infeksi ini bisa memakan waktu sampai satu minggu hingga muncul gejala seperti sakit kepala, demam, muntah, dan kejang.

Sebelumnya seorang anak perempuan berusia 12 tahun juga mengalami kondisi sama dengan Zachary pada bulan Juli lalu. Gadis itu terkena kontak dengan amoeba saat ia berenang di dasar danau berpasir di Willow Springs Water Park dekat Little Rock, Arkansas.



(vit/vit)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit