detikhealth

Terapi Kesehatan dengan Binatang

Tak Hanya Tumbuhan, Binatang pun Dimanfaatkan untuk Kesehatan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 21/08/2013 08:06 WIB
Tak Hanya Tumbuhan, Binatang pun Dimanfaatkan untuk Kesehatandok: detikHealth / Radian
Jakarta, Pengobatan sejumlah penyakit yang mengandalkan tumbuhan atau herbal telah sejak lama dilakukan. Bahkan kini penelitian tentang tanaman obat semakin intens dilakukan. Selain tumbuhan, hewan-hewan tertentu pun dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.

Jika ada waktu, cobalah berjalan-jalan ke sekitar Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Di pinggir jalan dijual aneka binatang yang diyakini berkhasiat sebagai obat. Misalnya saja ular, biawak, tokek dan undur-undur.

Konon binatang-binatang tersebut bermanfaat menyembuhkan penyakit kulit hingga penyakit dalam. Bagi yang sudah putus asa dengan pengobatan medis, atau tidak memiliki banyak uang untuk membeli obat mahal, pengobatan dengan hewan ini pun jadi 'tujuan'.

Bahkan ada orang yang memanfaatkan hewan melata berbisa untuk menambah kekuatan pria. Tak heran di kawasan Mangga Besar, Jakarta, beberapa orang menjual ular untuk keperluan stamina pria.

Ada pula terapis yang memanfaatkan bisa lebah dan lintah untuk mengatasi sejumlah keluhan kesehatan. Karena ada yang merasa lebih baik, akhirnya terapi tersebut dijajal banyak orang melalui 'iklan' dari mulut ke mulut.

Nah, penyakit apa saja yang diyakini bisa sembuh dengan 'pengobatan' melalui hewan ini?

Bagaimana dokter dan Kemenkes menanggapi fenomena ini? detikHealth akan mengulasnya dalam ulasan khas 'Terapi Kesehatan dengan Binatang' pada Rabu (21/8/2013) ini. Selamat membaca!


(vta/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit