detikhealth

Konsultasi Tulang
dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi, Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine and Arthroscopy.

Kaki Patah karena Kecelakaan, Bisakah Kembali Normal Jika Dioperasi?

Suherni - detikHealth
Rabu, 21/08/2013 16:16 WIB
Kaki Patah karena Kecelakaan, Bisakah Kembali Normal Jika Dioperasi?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dok, kaki saya patah karena kecelakaan sudah 8 bulan, dan sekarang terasa nyeri. Apakah saya masih bisa operasi untuk kesembuhan kaki saya, saat berjalan kaki saya terasa sakit, selama ini saya berobat di alternatif patah tulang.

Nurdin (Laki laki menikah, 54 tahun)
nurdinXXXXX@rocketmail.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 65 kg

Jawaban

Yth Pak Nurdin,

Penyembuhan patah tulang tergantung dari beberapa hal, yaitu: derajat keparahan patah tulang, lama kejadian patah tulang dengan penanganannya, dan kestabilan alat fiksasi yang digunakan.

Sementara, derajat keparahan patah tulang itu sendiri, ditentukan oleh: jenis patah tulang (disertai luka/tidak), tipe patah tulang (sederhana/ kompleks), lokasi patah tulang (mengenai persendian/ tidak), dan kondisi jaringan di sekitar lokasi patah tulang (kulit, otot, syaraf, pembuluh darah).

Selain hal-hal tersebut di atas, agar patah tulang dapat segera pulih dan dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, diperlukan kecukupan akan gizi dan program rehabilitasi/fisioterapi yang baik pula.

Untuk setiap kasus cedera yang mengenai tulang, sebaiknya segera datang berkonsultasi ke institusi kesehatan yang memiliki fasilitas untuk mengetahui dampak cedera terhadap tulang. Penanganan yang tidak tepat terhadap cedera/patah tulang, dapat mengakibatkan komplikasi akut maupun kronis.

Untuk melakukan terapi terhadap keluhan Anda saat ini, dimana terdapat rasa nyeri di kaki pasca patah tulang 8 bulan yang lalu, kami memerlukan informasi perihal: lokasi nyeri yang terjadi saat ini (di tempat patah tulang atau di persendian di atas atau di bawah patah tulang), mekanisme cedera, besar energi yang membuat cedera, dan terapi yang telah diterima. Kami juga perlu melakukan pemeriksaan fisik terhadap kaki Anda serta melakukan pemeriksaan penunjang, berupa foto rontgen.

Tujuan utama dari terapi cedera tulang adalah: mengurangi/menghilangkan keluhan, mengembalikan fungsinya seperti sediakala, dan bila memungkinkan, dilakukan pengembalian posisi se-anatomis mungkin.

Operasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan terapi tersebut. Operasi dapat dilakukan apabila keadaan kesehatan Anda baik dan kasus Anda memang memerlukan operasi (ada indikasi).

Konsultasikan keluhan Anda ini pada dokter spesialis orthopaedi & traumatologi di Rumah Sakit terdekat.

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi

Spesialis Orthopaedi & Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine & Arthroscopy
Dosen Tetap di Fakultas Kedokteran Unika Widya Mandala Surabaya.
Anggota dari: Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi Indonesia (PABOI), Indonesian Orthopaedic Society for Sports Medicine & Arthroscopy (IOSSMA)
Praktik: Klinik Spesialis Bethany Care, Jl. Nginden Intan Timur I/ 29, Surabaya, Telp 031-5912727 (hunting)
Follow twitter @SbyKneeCenter

(hrn/vit)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit