detikhealth

Manfaat Mandi Setelah Olahraga, Kurangi Stres Hingga Turunkan Berat Badan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 22/08/2013 09:10 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Setelah olahraga, bisa dipastikan tubuh akan penuh debu dan berkeringat. Mandi seperti aktivitas yang wajib dilakukan agar tubuh kembali bersih. Tahukah Anda bahwa aktivitas harian ini juga memiliki manfaat lain?

Berikut 4 manfaat mandi pasca olahraga bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir Times of India, Kamis (22/8/2013):

1. Menghilangkan kuman

Mandi setelah olahraga berfungsi untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan kuman serta bakteri. Sebab saat olahraga sangat mungkin Anda memiliki kontak dengan orang atau bahkan benda lain. Khusus jika Anda berenang, kandungan klorin dalam kolam renang akan merusak rambut dan kulit jika Anda tak segera mandi.

2. Membantu proses pemulihan

Mandi dapat membantu proses pemulihan setelah sesi latihan yang cukup berat. Nyeri otot yang biasa muncul sehari setelah aktivitas berat atau yang lebih dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS), dapat dicegah dengan mandi air dingin langsung pada bagian otot-otot yang dilatih.

Jika Anda berolahraga setiap hari atau lebih dari sekali dalam sehari maka kebiasaan ini bisa Anda terapkan agar sesi latihan berikutnya dapat Anda lakukan tanpa terhalang oleh DOMS.

Sebaliknya, jika Anda merasa otot sedikit 'tegang' di pagi hari, mandi dengan air hangat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot untuk memberi efek rileks dan meredakan ketegangan.

3. Menghilangkan lemak

Jika latihan merupakan bagian integral dari penurunan berat badan yang sehat, maka begitu juga dengan mandi air dingin setelahnya. Untuk mempertahankan suhu tubuh selama mandi air dingin, tubuh meningkatkan metabolisme hingga 550 persen dari tingkat istirahatnya. Ini berarti Anda akan membakar lebih banyak kalori agar tubuh tetap hangat.

4. Memperbaiki suasana hati

Beberapa bidang olahraga aktif mendorong aktivitas mandi sebagai bagian integral dari latihan mereka, salah satunya The Taekwon-Do. Mereka menjelaskan bahwa mandi dengan air dingin atau lebih dikenal sebagai Naeng Soo Machal dapat membangun keuletan siswanya.

Selain itu, paparan air dingin juga dapat meningkatkan pasokan antioksidan kuat tubuh yang disebut glutathione. Oleh sebab itu, mandi air dingin juga disebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(vit/vit)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit