detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Kuesioner 'Vulgar' Anak Sekolah

Mengenal Skala Tanner, Asal-muasal Gambar 'Vulgar' dalam Kuesioner Kemenkes

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 06/09/2013 19:18 WIB
Halaman 1 dari 4
Petunjuk teknis penjaringan kesehatan dari Kemenkes (dok: detikHealth)
Jakarta, Kuesioner untuk sekolah lanjutan menuai kontroversi lantaran ada gambar yang dianggap vulgar oleh sebagian orang. Gambar-gambar tersebut diambil dari skala Tanner, sebuah alat riset yang tidak hanya dipakai di Indonesia.

"Ini adalah skala Tanner, kita koordinasi dengan para profesi untuk menyusun ini, juga agar jelas terapi apa yang akan diberikan kepada anak tersebut," kata Dedi Kuswenda, Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Kemenkes ketika ditemui di Gedung Kemenkes, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Skala tanner mengidentifikasi proses pertumbuhan fisik selama masa pubertas, secara rinci dalam beberapa tahap. Beberapa perubahan yang diamati dalam skala ini adalah payudara pada remaja putri, ukuran alat vital pada laki-laki dan rambut kemaluan pada laki-laki maupun perempuan.

Sayangnya, kuesioner yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan dan beredar di beberapa daerah tidak disertai keterangan lebih rinci. Akibatnya banyak yang tidak mengetahui apa maksudnya dan justru merasa risih dengan gambar-gambar tersebut.

Seperti dikutip dari Healthmango.com, berikut ini cara mengartikan gambar-gambar yang tercantum dalam kuesioner kontroversial tersebut.

Kelamin laki-laki:

Tanner 1
Volume testis kurang dari 1,5 ml, ukuran penis penis kurang dari 3 cmNext

Halaman 1 2 3 4
(up/vta)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit