detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

3.000 Lebih Senyawa Kimia Ditemukan dalam Urine

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Sabtu, 07/09/2013 08:01 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Apalah artinya urine. Cairan sedikit bau dan berwarna kekuningan yang dikeluarkan dari tubuh itu hanyalah limbah akhir manusia. Tapi jangan salah, sekelompok peneliti dari Kanada berhasil menemukan bahwa urine manusia mengandung lebih dari 3.000 senyawa kimia, dan jumlah ini masih bisa bertambah.

Setelah menghabiskan waktu selama tujuh tahun, barulah peneliti dapat mendeteksi sedikitnya 3.079 senyawa kimia di dalam urine manusia. 72 Senyawa 'terbuat dari' bakteri, sedangkan 1.453 senyawa berasal dari tubuh manusia sendiri. 2.282 senyawa lainnya berasal dari makanan, obat-obatan, kosmetik atau paparan lingkungan (bahkan beberapa senyawa tergolong ke dalam lebih dari satu kelompok senyawa).

"Urine merupkan biofluid yang luar biasa kompleks. Saking banyaknya kita mungkin takkan pernah mengira ada begitu banyak senyawa yang masuk ke dalam toilet kita," ujar peneliti David Wishart, profesor biologi dan ilmu komputer dari University of Alberta seperti dilansir Livescience, Sabtu (7/9/2013).

Keseluruhan metabolit yang ada di dalam urine manusia tersebut dapat dideteksi dengan menggunakan sebuah teknologi mutakhir, yang kini telah ditempatkan di database online publik yang disebut dengan Urine Metabolome Database. Kata 'metabolome' sendiri merujuk pada koleksi metabolit komplit yang dimiliki database tersebut berupa seluruh produk yang dihasilkan proses metabolisme dalam tubuh, termasuk hormon, vitamin, dan molekul lainnya.

Menurut peneliti, urine sendiri sudah lama menjadi biofluid 'favorit' di kalangan ilmuwan karena steril dan dapat diperoleh dengan mudah dalam jumlah besar. Kendati begitu, kompleksitas senyawa dalam urine membuatnya jadi sulit dipahami.

Sebab sebagai salah satu materi limbah biologi, urine biasanya mengandung produk-produk pecahan metabolik dari berbagai hal mulai dari makanan, minuman, obat-obatan, kontaminan lingkungan, limbah metabolit dari tubuh hingga produk sampingan dari bakteri.

Dibandingkan dengan cairan tubuh lainnya seperti air liur atau cairan cerebrospinal, urine mengandung senyawa 5-10 kali lebih banyak dan menunjukkan keragaman senyawa kimiawi yang lebih besar. Bahkan peneliti mencatat dalam urine manusia terdapat 230 kelas senyawa kimia yang berbeda.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit