detikhealth

Infused Water

Buah Dijadikan Infused Water atau Dimakan Langsung, Mana Lebih Sehat?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Jumat, 27/09/2013 12:33 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Infused water bisa memberi dua keuntungan sekaligus bagi orang yang mengonsumsinya. Selain bisa minum air putih, konsumen juga bisa merasakan dari buah yang dicampurkan. Namun, lebih sehat mana buah yang dijadikan infused water atau dimakan langsung?

Menurut ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Ir. Trini Sudiarti, MSc, sebenarnya memang lebih baik jika buah dikonsumsi langsung ketimbang dijadikan infused water. Sebab, buah yang dijadikan infused water bisa saja terkontaminasi oleh air yang digunakan.

"Misalnya saja apakah airnya itu dimasak dulu atau tidak, atau sebelumnya diletakkan di wadah yang bersih atau tidak. Sedangkan kalau buah dimakan langsung itu bisa mengurangi risiko kontaminasi," jelas Trini dalam perbincangan dengan detikHelath, Jumat (27/9/2013).

Jika buah yang dikonsumsi sudah terkontaminasi, maka akan menyebabkan bakteri menyebar ke dalam tubuh. Apabila menyebar, bakteri dalam tubuh bisa mengakibatkan diare, muntah-muntah, dan gangguan pencernaan. Selain itu, dosen Departemen Gizi FKM UI ini juga menekankan bahwa pada dasarnya infused water hanya memberikan rasa segar saja dan tidak terlalu manis.

"Apalagi kalau untuk anak-anak dan lansia, selain dimakan langsung ya lebih baik dijadikan jus saja. Selain kandungan dalam buahnya lebih bisa bermanfaat, itu juga menghindari risiko akibat kontaminasi itu tadi," papar Trini.

"Kalau untuk orang dewasa atau remaja enggak masalah sih ya, asal dia tidak memiliki penyakit tertentu," imbuhnya.

Untuk membuat infused water, Anda hanya perlu mencampur air, irisan buah, dan bahan-bahan herbal ke dalam wadah tertutup seperti toples atau botol. Lalu, simpanlah wadah di dalam lemari pendingin minimal dua jam.

Apakah Anda punya pengalaman menarik tentang infused water? Bagikan kisah Anda ke redaksi@detikhealth.com

(vit/mer)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit